Tata Cara Aqiqah Menurut Islam Sesuai Tuntunan Alquran dan Hadist

Aqiqah adalah ibadah yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi juga diketahui melaksanakan ibadah ini untuk cucu-cucunya. Namun, sering kali kita lupa bahwa setiap ibadah memiliki aturan dan tata caranya tersendiri. Seperti shalat, puasa dan ibadah lainnya, aqiqah juga ada ketentuannya. Untuk Anda yang belum mengetahui secara pasti tata cara aqiqah, berikut ini adalah beberapa pengetahuan yang bisa Anda pelajari.

tata cara aqiqah Star Farm

Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah beserta Doanya

Sebagai salah satu ibadah yang mendatangkan pahala, tentu saja aqiqah memiliki ketentuan yang harus dilaksanakan. Dibawah ini merupakan beberapa tata cara aqiqah sesuai sunnah yang disyariatkan dalam islam, yaitu :

Hari Pelaksanaan

Menurut Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan Ad Darimi, Aqiqah dilakukan pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi. Jika bayi lahir di hari Senin, maka aqiqahnya dilaksanakan pada hari minggu.

Selain itu, jika orang tua belum mampu melaksanakan aqiqah pada hari ke tujuh, maka diperkenankan untuk melaksanakannya pada hari ke empat belas atau hari ke dua puluh satu. Namun jika dalam waktu ini orang tua masih belum mampu, aqiqah bisa dilaksanakan semampunya.

Ketika anak telah beranjak dewasa namun belum diaqiqah, anak tersebut bisa melakukan aqiqah pada dirinya sendiri untuk meringankan beban orang tuanya.

Jumlah Hewan yang Disembelih

Hewan yang digunakan untuk aqiqah adalah kambing. Persyaratan atau kondisi kambingnya sesuai dengan persyaratan untuk Qurban yaitu :

  • Setidaknya telah berusia 1 tahun
  • Telah lepas gigi susunya
  • Kambing dalam kondisi sehat dan tidak kurus
  • Tidak boleh ada cacat dalam tubuh hewan
  • Jumlah kambing yang disembelih adalah 2 ekor untuk bayi laki-laki dan 1 ekor untuk bayi perempuan.
  • Kambing dibagikan kepada tetangga dan kerabat dalam kondisi sudah dimasak.

Jumlah kambing yang disembelih adalah 2 ekor untuk bayi laki-laki dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Kambing dibagikan kepada tetangga dan kerabat dalam kondisi sudah dimasak.

Pemberian Nama

Dalam proses aqiqah, bayi sekalian dipilihkan nama yang baik dan bermakna.

Mencukur Rambut

Pencukuran rambut juga dilakukan sebagai simbolis bersamaan dengan pemberian nama kepada bayi.

Doa Menyembelih Hewan Aqiqah

Berikut doa yang digunakan dalam menyembelih hewan aqiqah:

Bacaan doa di atas ialah ditujukan untuk bayi laki-laki. Kemudian, bila bayi Anda perempuan, kata fulan diganti dengan kata fulanah.

Dengan mengikuti tata cara aqiqah menurut syariat islam yang tepat, kita berharap semoga ibadah ini diterima oleh Allah dan anak akan selalu berada dalam lindungan Allah. Niat yang baik pastinya akan mendapatkan nilai dan pahala yang baik pula dari Allah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top