Yuk Ikuti Cara Menyemai Cabe yang Benar Supaya Cepat Tumbuh

Cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada. Hampir semua orang menyukai rasa pedas yang diberikan oleh bumbu dapur yang satu ini. Namun, sering kali cabai menjadi langka di pasaran. Maka dari itu, amat menyenangkan kiranya jika kita bisa belajar cara menyemai cabe yang benar dan menanam sendiri pohon ini di rumah. Dengan demikian, kita bisa memanennya sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Langkah Menyemai Cabe Agar Cepat Tumbuh

Menanam cabai bisa dikatakan sesuatu yang cukup mudah. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus ataupun kondisi tertentu. Anda bisa menanam pohon ini di pekarangan sekitar rumah atau di dalam pot.

Berikut ini adalah cara menyemai cabe yang benar agar cepat tumbuh supaya Anda dapat dengan segera memanen hasilnya, yaitu :

1. Pilih dan Persiapkan Media Penanaman dengan Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara menemukan media tanam yang paling tepat. Jika hendak menanam di halaman, pilihlah sudut tanah yang nampak subur.

Sedangkan bila ingin menanam di dalam pot, pilihlah tanah atau media lain seperti sekam atau sabut yang baik. Untuk membuat tanahnya mengandung banyak unsur hara, Anda bisa melakukan pemupukan. Anda bisa menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk buatan.

Sebaiknya, Anda melakukan pembesaran di tempat yang berbeda. Persiapkan polybag kecil untuk pembesaran bibit yang nantinya telah disemai. Kemudian, Anda bisa memindahnya ke tanah atau pot yang lebih besar ketika bibit cabe telah nampak lebih tinggi.

2. Persiapkan Bibit Cabe yang Bagus

Supaya tanaman cabe Anda tumbuh dengan subur, Anda harus memilih bibit yang baik. Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian. Ikutilah langkah penyemaian berikut agar bibit bisa tumbuh tunas atau berkecambah, yaitu :

  • Rendam biji cabe dalam air hangat selama kurang lebih 1 jam
  • Ambil sebuah kain halus yang sudah dibasahi dan diperas
  • Bungkus biji cabe di dalam kain basah tersebut
  • Diamkan selama sekitar 4 hari
  • Setelah 4 hari, biji cabe akan mengeluarkan kecambah
  • Anda bisa mulai menanam biji cabe pada media tanah yang telah dipersiapkan.

Itulah langkah atau cara menyemai cabe yang benar supaya dapat cepat tumbuh. Anda bisa saja secara langsung menebarkan benihnya di tanah, namun mungkin saja tunasnya tidak cepat muncul. Oleh sebab itu, gunakan cara di atas dan segera perbanyak tanaman cabe di rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top