6 Jenis Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor

Jenis tanaman hias daun sedang banyak diminati belum lama ini. Berbagai macam jenis tanaman daun biasanya dipilih untuk menghiasi teras rumah maupun sebagai penghias dalam rumah. Terdapat beraneka jenis tanaman daun yang bisa membuat rumah terlihat lebih asri, hijau, dan tentu saja menyegarkan.

Jika Anda memiliki niat untuk merawat tanaman daun, cara perawatannya cukup mudah. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda tidak perlu menyiramnya dengan sering. Menariknya, tanaman daun sangat cocok hidup di iklim Indonesia. Jadi, Anda bisa mudah untuk merawat dan memperbanyaknya.

6 Jenis Tanaman Daun Yang Mudah Dikembangkan

Apakah Anda sedang mencari tanaman hias daun yang mudah untuk ditanam? Berikut beberapa rekomendasi tanaman yang cocok untuk penghias rumah.

1. Kuping Gajah

Anda pasti sudah sangat familiar dengan tanaman berdaun lebar ini. Tanaman hias ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Tanaman ini memliki bentuk daun lebar seperti bentuk telinga gajah. Daunnya berwarna hijau dan terdapat guratan putih yang ada di daunnya.

Tanaman ini menyukai lingkungan yang basah. Anda bisa menanamnya di tempat lembab untuk bisa berkembang dengan lebih subur. Jadi, Anda harus menyiramnya dengan konsisten ketika sedang musim panas. Anda bisa memajangnya baik di teras rumah atau menghiasi dalam rumah.

2. Pisang-Pisangan

Pisang-pisangan juga menjadi salah satu tanaman hias daun yang populer. Tanaman ini cocok digunakan untuk membuat lingkungan rumah menjadi lebih hijau. Pisang-pisangan bahkan sering digunakan untuk mendekorasi mall dan pusat perbelanjaan.

Tanaman pisang-pisangan berbeda dengan tanaman pisang pada umumnya. Tanaman ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan tidak memiliki batang besar seperti pohon pisang. Pastikan tanaman pisang memiliki cukup cahaya. Jadi, daun dan bunganya akan memiliki warna cantik.

3. Fiddle Leaf Fig

Pernahkah Anda mendengar jenis tanaman daun ini? Urat daunnya membuat tanaman ini terlihat lebih unik. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman pemilih. Mereka lebih suka hidup di lingkungan yang terkena cahaya matahari.

Anda harus membersihkan daunnya setiap minggu. Dengan demikian, daun bisa menyerap cahaya matahari dengan lebih optimal. Anda bisa meletakkan fiddle leaf fig di area dalam rumah maupun luar rumah. Mereka lebih menyukai air dengan suhu hangat. Anda bisa menyiramnya menggunakan air hangat untuk membuat tanaman ini tumbuh lebih baik.

4. Suplir

Suplir adalah jenis tanaman hias daun dengan bentuk kecil-kecil dan cantik. Warnanya hijau dan membuat setiap mata yang memandangnya terpesona. Tanaman supplir senang hidup di tempat yang teduh dan lembab. Tanaman ini cocok digunakan sebagai dekorasi indoor maupun outdoor rumah. Perawatannya simple karena tanaman ini termasuk tanaman spora. Anda bisa memperbanyaknya dengan mudah menggunakan sporanya.

5. Tanaman Keladi

Tanaman-Keladi-star-farm

Salah satu varietas dari tanaman keladi yang sedang booming adalah dari genus Caladium yaitu red star. Tanaman ini memiliki bentuk bintang dengan warna merah yang cerah. Jika Anda menginginkan warna merah dan sehat, letakkan tanaman red star di tempat yang cukup sinar mataharinya. Tangkainya berwarna merah belang dan membuatnya Nampak lebih indah.

6. Tanduk Rusa

kadaka menjangan atau tanduk rusa

Jika Anda sedang mencari tanaman daun untuk menghiasi luar rumah, tanduk rusa menjadi pilihan yang cocok. Tanaman tanduk rusa memiliki daya tarik tersendiri. Bentuk daunnya memang menyerupai tanduk rusa. Anda bisa meletakkannya di dekat tembok maupun pohon.

Jenis tanaman daun manakah yang paling anda sukai? Pilihlah jenis tanaman yang Anda suka. Dengan begitu, Anda akan merawatnya dengan lebih baik dan telaten. Pilihlah tanaman hias daun dengan bentuk beragam agar membuat rumah menjadi lebih bersemarak

Leave a Reply

0
Scroll to Top