Keunggulan Sapi RO Yang Belum Banyak Diketahui

Sapi RO merupakan sapi yang berasal dari pulau Rote Nusa Tenggara Timur, bagian paling selatan Indonesia. Sapi ini merupakan persilangan antara sapi Kupang dan juga sapi Ongole. Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, berbagai jenis sapi mulai dicari banyak orang. Salah satu jenis sapi yang cukup laris di pasaran adalah sapi Rotee Ongole atau RO. Karena rangkanya yang kecil tetapi umurnya sudah cukup 2 tahun sebagai syarat sah qurban. Jadi sapi ini sangat cocok untuk konsumen yang mencari harga ekonomis.

Sapi jenis Ongole adalah jenis sapi yang bisa dikatakan memiliki kualitas unggul. Sapi ini sebenarnya merupakan pengembangan dari program sapi indukan wajib bunting. Program ini dikembangkan oleh pemerintah daerah Maluku.

sapi-ro-star-farm

Asal Usul Sapi RO

Sapi ini sebenarnya merupakan jenis sapi dari India. Jenis sapi ini memiliki punuk atau zebu. Banyak petani di daerah Sumba yang mengembangkan jenis sapi ini. Kulit sapi ini memiliki warna kuning. Bulu sapi berwarna putih dan kehitaman Ciri khas dari sapi ini adalah memiliki leher, gelambir, dan memiliki lutut warna hitam.

Kini, Sapi RO dikembangkan oleh Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak di daerah Sumatera Selatan. Sapi ini akan dewasa secara kelamin pada umur 24 hingga 30 bulan. Pertumbuhan hingga dewasanya cukup lambat. Ia akan mencapai usia dewasa dan siap dipotong pada usia 4 hingga 5 tahun.

Jenis ini adalah jenis sapi pilihan. Spermanya sendiri diambil dalam teknik IB yang merupakan sapi indukan lokal. Hasilnya sangat luar biasa. Sapi ini bahkan bisa dijadikan sebagai hewan kurban yang baik dan sudah memenuhi syarat.

Jenis Sapi RO yang baik dan bisa dijadikan sebagai hewan kurban tidak hanya dipertimbangkan dari berat badannya saja. Namun, kesehatan secara fisiknya harus diperiksa oleh dokter hewan. Setelah dipastikan sapi tersebut bebas dari penyakit, barulah sapi tersebut bisa dijadikan sebagai hewan kurban yang baik.

Keunggulan Sapi Rotee Ongola

Jenis sapi ini memang memiliki kualitas yang lebih unggul jika dibandingkan dengan jenis sapi lain. Apa saja keunggulan dari Sapi RO ini?

1. Sapi potong terbaik di daerah tropis

Bisa dikatakan bahwa Ongole menjadi sapi potong terbaik yang ada di daerah tropis. Sapi ini sebenarnya tumbuh di Negara 4 musim.

Meskipun demikian, sapi ini bisa beradaptasi dengan sangat baik di lingkungan yang baru. Hingga sekarang, sapi ini tahan hidup di daerah tropis yang cenderung panas. Lebih dari itu, sapi ini juga tahan terhadap gigitan kutu.

2. Tahan terhadap penyakit

Beberapa jenis sapi rentan terhadap penyakit seperti penyakit antraks. Meskipun demikian, sapi ini cukup baik dan tahan terhadap penyakit. Namun, peternak juga harus rajin menjaga kesehatan sapinya.

Peternak bisa rutin memeriksakan kesehatan sapi agar dipastikan aman dan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan demikian, tidak ada sapi lain yang akan tertular jika salah satu sapi terserang penyakit.

3. Cocok dijadikan sebagai hewan kurban

Salah Satu jenis hewan kurban yang paling sering dipilih oleh masyarakat muslim adalah sapi. Seperti yang diketahui, mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama islam. Sapi jenis ini banyak dicari menjelang hari raya Idul Adha tiba.

Hal ini benar adanya karena sapi jenis Ongole merupakan jenis sapi yang baik dan bisa dijadikan sebagai hewan kurban untuk Anda. Carilah sapi dewasa dan memiliki tubuh yang gemuk dan bagus. Jangan lupa, pastikan sapi Ongole yang dipilih tidak mengalami cacat dan telah dipastikan sehat oleh dokter hewan.

Sapi jenis Ongole juga pernah dijadikan sebagai sapi kurban bantuan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Masjid Alfatah yang berada di Pulau Ambon. Hingga sekarang, Sapi RO ini terus dibudidayakan oleh banyak peternak di Indonesia.

Leave a Reply

0
Scroll to Top