Sapi Belted Galloway, si Hitam Putih Penghasil Susu Daging Berkualitas

Sapi Belted Galloway adalah jenis sapi yang memiliki ciri tubuh sangat unik dan mudah dikenali. Tubuh sapi ini memiliki ring putih di bagian perutnya diantara bagian tubuh lain yang berwarna hitam. Belted Galloway memiliki kemiripan dengan domba atau kambing kendit.

Beberapa orang menyebutnya juga seperti oreo atau tapir. Sapi yang satu ini merupakan salah satu jenis sapi potong terbaik di dunia. Penasaran dengan bagaimana ciri dan karakteristiknya? Simak info berikut ini.

Sejarah Sapi Belted Galloway

Sapi Belted Galloway berasal dari leluhurnya Sapi Galloway. Mereka ditemukan pertama kali di daerah Galloway Skotlandia barat daya. Sapi Galloway asli memiliki warna hitam penuh di seluruh tubuhnya. Sedangkan Belted Galloway memiliki sabuk putih di perutnya.

Tidak diketahui dengan jelas bagaimana sabuk putih muncul pada Belted Galloway. Namun diperkirakan, sabuk ini muncul karena cross breeding antara sapi Galloway dengan sapi Lakevender pada abad ke 17.

Belted Galloway mulai dibukukan spesiesnya pada tahun 1920an. Jenis ini mulai banyak dieksport ke luar negeri seperti Australia, Amerika, Kanada, Prancis dan lain sebagainya pada abad ke 20.

Pada tahu 2001, spesies ini sempat mengalami penurunan populasi karena epidemi penyakit kaki dan mulut yang melanda Kepulauan Inggris. Hal ini menyebabkan hampir sebagian besar populasi Belted Galloway hilang atau mati.

Namun pada tahun 2007, Belted Galloway mulai meningkat karena pemeliharaan yang baik. Mereka batal terancam punah dan mencapai jumlah populasi yang cukup besar kembali. Pada tahun 2012 tercatat setidaknya ada 3500 ekor Belted Galloway di Inggris.

Ciri-ciri Sapi Belted Galloway

Sapi ini dikenal sangat tangguh untuk hidup di kondisi alam yang ekstrem. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri sapi belted Galloway yang bisa Anda pelajari, diantaranya adalah :

1. Warna Tubuh

Sapi unik asal Skotlandia barat daya ini memiliki dua warna tubuh yaitu hitam dan putih. Warna putihnya berada di sekitar perut dengan bentuk melingkar seperti cincin atau sabuk perut.

2. Bentuk Tubuh

Belted Galloway memiliki tubuh yang kompak dan padat. Bentuk tubuh yang kokoh inilah yang membuat sapi ini sangat cocok untuk hidup di tanah penggembalaan kasar. Mereka mampu hidup di daerah berlahan kering minim.

Belted Galloway memiliki ciri yang paling menonjol yaitu bulu tubuhnya yang seperti mantel. Bulu ini terlihat sangat panjang dan sepenuhnya melingkari badan. Mantel ini berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari cuaca dingin yang ekstrem.

Bagian luar mantel tubuh sapi ini mengandung lapisan yang kasar sehingga menghalangi air hujan meresap. Bagian bawahnya berupa lapisan lembut yang anti air dan memberikan isolasi. Inilah kelebihan yang dimiliki oleh sapi Belted Galloway sehingga memungkinkan mereka mampu hidup di luar kandang selama musim dingin.

3. Ukuran Tubuh

Belted Galloway jantan memiliki berat badan mencapai 476 kg. Saat lahir, mereka mungkin hanya memiliki bobot 32 kg. Namun pertumbuhannya cukup pesat ketika mereka mencapai usia tertentu.

4. Watak

Sapi asal Skotlandia ini memiliki watak yang tenang dan tidak temperamental. Namun ketika mereka merasakan ancaman bahaya terhadap diri sendiri dan anak-anaknya, sifat pertahanannya akan muncul. Sehingga tidak jarang mereka bisa menyerang manusia.

5. Hasil Ternak

Sapi ini diternakkan untuk diambil susu dan dagingnya. Produksi susu mereka cukup tinggi dan daging yang dihasilkan pun sangat berkualitas.

Demikianlah asal-usul dan ciri-ciri sapi Belted Galloway yang perlu Anda ketahui. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa sapi ini termasuk dalam golongan sapi ternak yang cukup diunggulkan. Sapi monokrom ini mampu memberikan susu dan daging yang baik dan berkualitas.

Leave a Reply

0
Scroll to Top