Peralatan Kandang Sapi Potong yang Wajib Ada, Ini Dia Daftarnya

Sapi potong yang sehat dan gemuk dihasilkan dari kandang yang baik, bersih dan terawat. Hal ini dikarenakan kondisi kandang sangat memengaruhi tumbuh kembang sapi potong. Dari semua jenis kandang yang ada, semuanya memiliki satu kesamaan. Kesamaan ini adalah peralatan yang tidak berbeda antara kandang yang satu dengan kandang lainnya. Peralatan kandang sapi potong banyak ragamnya. Setiap peternak pasti akan mengupayakan untuk melengkapi dan menyediakan peralatan yang sekiranya dibutuhkan. Tujuannya adalah supaya proses perawatan sapi perah menjadi lebih praktis dan mudah.

Peralatan Kandang Sapi Potong

Peralatan kandang di manapun berada rata-rata sama saja. Hanya tinggal menyesuaikan dengan jenis hewan apa yang diternakkan. Untuk kandang sapi perah, peternak membutuhkan milk can sebagai wadah penyimpanan susu, dan begitu pula dengan jenis lainnya. Untuk peternak sapi potong pun tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah beberapa peralatan kandang sapi potong yang harus dipenuhi untuk mendukung kebutuhan kandang.

Peralatan Makan dan Minum

Setiap kandang pasti membutuhkan peralatan makan dan minum. Berikut ini diantaranya :

a. Wadah Pakan dan Minum

Peternak bisa mempersiapkan wadah pakan dan minum permanen seperti menggunakan papan atau bata. Namun, tidak sedikit pula yang menggunakan tempat pakan yang bisa dipindah-pindah untuk alasan kepraktisan.

b. Mesin Chopper

Mesin chopper adalah peralatan kandang sapi potong yang dipakai untuk memotong dan mencacah rumput. Alat ini akan memudahkan peternak mempersiapkan pakan sapinya.

c. Mixer

Jika jumlah sapi potong cukup banyak, peternak mungkin akan membutuhkan mixer atau alat pencampur makanan. Tujuan alat ini adalah supaya proses pencampuran berbagai pakan ternak bisa merata.

d. Ember

Ember atau timba adalah alat yang dipakai untuk membawa makanan dan minuman ke dalam kandang. Proses persiapan makanan sebaiknya dilakukan di luar kandang untuk menjaga kandang tetap bersih. Nantinya, makanan yang siap saji akan diangkut menggunakan ember.

Peralatan Kebersihan

Perlengkapan kebersihan adalah alat-alat yang dipakai untuk membersihkan kandang baik dari sisa makanan, minuman ataupun kotoran. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah :

a. Sekop

Sekop adalah peralatan kandang sapi potong yang berfungsi untuk mengambil kotoran dan limbah sapi potong.

b. Sikat

Sikat dipakai untuk menggosok badan sapi saat dimandikan atau dibersihkan. Selain itu, sikat juga bisa dipakai untuk menggosok lantai kandang supaya lebih bersih.

c. Selang Air

Selang air dipakai untuk mengalirkan air dari keran menuju ke kandang. Selain itu, selang digunakan untuk membersihkan sisa kotoran, mencuci peralatan dan lain sebagainya. Anda bisa juga menggunakannya untuk mengisi tempat air minum sapi.

d. Sapu Lidi

Sapu lidi digunakan untuk menyapu kotoran yang berserakan di lantai kandang. Alat ini lebih mudah dipergunakan ketimbang sapu ijuk karena strukturnya lebih keras dan kuat.

Peralatan Lain

Ini adalah kategori peralatan lain-lain yang tidak masuk di dua kategori sebelumnya. Diantaranya adalah :

a. Kereta Dorong

Kereta dorong digunakan sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak. Contohnya seperti mengangkut hasil campuran makanan dalam sekali angkut. Hal ini pasti akan memudahkan dan membantu kinerja peternak.

b. Timbangan

Alat ini dipakai untuk mengukur tubuh sapi potong dan memantau perkembangannya mulai dari kecil hingga siap panen.

c. Tali

Anda pasti akan membutuhkan tali untuk berbagai keperluan seperti mengikat sapi saat membawanya keluar kandang, mengikat gulungan rumput dan seterusnya.

Peralatan kandang sapi potong memang tidak jauh berbeda dengan kandang lainnya. Namun apapun itu, sebaiknya semua peralatan dipersiapkan dengan lengkap dan seksama agar pekerjaan peternak di kandang menjadi mudah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top