Sudah Lengkapkah Peralatan Kandang Sapi Perah Anda? Cek di Daftar Ini!

Keberhasilan sebuah usaha peternakan tidak terlepas dari bagaimana peternak mempersiapkan kandangnya, utamanya peternakan sapi perah. Untuk mendukung supaya kandang sapi perah bisa berfungsi maksimal, dibutuhkan peralatan dan perlengkapan yang memadai. Tentu saja, peralatan kandang sapi perah dan segala macam sarananya mutlak diperlukan. Kandang yang baik dan kondusif akan menghasilkan ternak yang sehat sehingga kualitas susunya pun optimal.

9 Peralatan Kandang Sapi Perah

Banyak sekali peralatan untuk beternak sapi perah yang harus dipersiapkan. Beberapa peralatan berikut ini adalah yang cukup penting dan harus ada. Diantaranya adalah :

1. Tempat Pakan dan Minum

Tempat makanan dan minuman untuk sapi perah adalah peralatan yang wajib ada di setiap kandang. Biasanya, tempat pakan dan minum sapi dibuat secara permanen dengan material beton atau bata. Namun, ada juga yang menggunakan baskom atau ember tanpa membuatnya jadi permanen. Ini tergantung sepenuhnya pada kebutuhan peternak.

2. Chopper

Peralatan kandang sapi perah yang kedua adalah Chopper atau yang disebut juga dengan alat pemotong dan pencacah rumput. Chopper dipakai untuk memotong sekaligus mencacah rumput kering dan basah ke dalam potongan yang lebih kecil. Dengan demikian, sapi akan lebih mudah mengonsumsi makanannya.

3. Sabit

Bagi peternak yang memiliki sapi perah dalam jumlah banyak, menggunakan mesin chopper merupakan cara yang efisien, menghemat waktu dan tenaga. Namun jika hewan ternak masih kurang dari 5 ekor, peternak mungkin cukup membutuhkan sabit atau arit sebagai alat memotong dan mencacah makanan.

4. Milk Can

Peralatan selanjutnya yang harus dipersiapkan oleh peternak sapi perah adalah milk can. Hasil perahan susu harus diletakkan di sebuah wadah steril untuk menjaga kebersihannya. Jangan memerah susu dalam ember karena bakteri dan kotoran bisa mengontaminasinya. Susu harus dalam keadaan bersih supaya bisa dijual dan dikonsumsi dengan layak.

5. Timbangan

Ini bukan timbangan biasa. Peralatan yang satu ini berbentuk khusus karena untuk dipergunakan menimbang bobot bayi. Supaya data berat badan akurat dan peternak tidak mengalami kesulitan dalam menakar makanan, peternak harus memiliki timbangan. Perlu diketahui bahwa pemberian pakan pada ternak harus sesuai dengan berat badannya.

6. Tali

Anda bisa menggunakan tali tampar atau sejenisnya untuk mengikat sapi perah. Tali dibutuhkan ketika Anda harus mengeluarkan sapi dari kandang. Misalnya butuh untuk membersihkan kandang secara keseluruhan. Tali adalah peralatan kandang sapi perah wajib yang pasti diperlukan.

7. Cangkul

Meskipun bukan bidang pertanian, Anda tetap membutuhkan cangkul. Cangkul dibutuhkan untuk membersihkan saluran-saluran air yang mampet, membersihkan sisa makanan dan lain sebagainya.

8. Sikat dan Selang Air

Kedua alat ini diperlukan dalam rangka memandikan dan membersihkan tubuh sapi perah. Sapi harus dimandikan secara rutin supaya tetap bersih dan terhindar dari penyakit serta kuman. Terlebih lagi untuk sapi perah, proses pembersihannya harus menyeluruh dan totalitas.

9. Ember

Ember adalah salah satu peralatan yang penting untuk semua kandang termasuk kandang sapi. Alat ini memiliki banyak fungsi seperti membawa makanan yang sudah dicampur, membawa minum dan lain sebagainya.

Peralatan kandang sapi perah memang terlihat sepele dan merupakan barang-barang umum yang kita lihat sehari-hari. Namun, Anda tetap harus melengkapinya dan usahakan sebagai alat khusus kandang dan tidak digunakan untuk kepentingan di luar kandang. Hal ini bertujuan supaya ketika Anda membutuhkan, alat ini bisa segera didapatkan tanpa perlu mencari-cari lagi.

Leave a Reply

0
Scroll to Top