4 Peralatan Kandang Close House yang Utama dan Wajib Ada

Berencana melakukan ternak ayam broiler? Perhatikan peralatan kandang close house berikut supaya hasilnya maksimal.

Ada banyak jenis ayam yang diternakkan di dalam masyarakat. Ada ayam kampung, ayam pedaging, ayam petelur, ayam broiler dan lain sebagainya. Salah satu jenis yang paling diminati adalah ayam broiler.

Beternak ayam mampu memberikan keuntungan berlipat jika berhasil melakukannya. Jenis kandang yang paling sesuai untuk ayam broiler adalah model close house atau kandang tertutup.

Peralatan Kandang Close House

Setiap jenis kandang pasti memiliki peralatan tersendiri, terlebih lagi untuk kandang model close house. Kandang close house diciptakan secara tertutup dengan tujuan untuk mencegah dan menjaga keamanan hewan ternak dari musuh biologisnya. Selain itu, pengaturan ventilasi pada kandang close house diketahui lebih baik dan tertata sehingga meningkatkan perfoma ternak. Dengan demikian hasil ternak yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Berikut ini adalah 4 peralatan kandang close house yang wajib ada jika Anda berencana membangun kandang untuk ayam broiler. Diantaranya adalah :

1. Kipas atau Fan

Kipas berfungsi untuk membuat pergerakan udara yang masuk dan keluar kandang. Pada dasarnya, ada dua jenis kipas yang harus dipersiapkan yaitu exhaust fan dan blowing fan. Exhaust Fan adalah kipas yang akan menghisap atau menyerap udara dari dalam kandang dan mengalirkannya keluar. Sedangkan, blowing fan berfungsi untuk mengalirkan udara ke dalam kandang.

Pemilihan jenis kipas harus tepat karena hal ini akan mempengaruhi kualitas udara di dalam kandang, terlebih lagi exhaust fan. Model kandang close house membutuhkan exhaust fan yang kuat dengan daya hisap yang tepat. Besar kecilnya exhaust fan tergantung dari besaran atau ukuran kandang itu sendiri.

2. Evaporating Cooling Pad

Peralatan kandang close house yang kedua adalah mesin pendingin yang disebut dengan Evaporating Cooling Pad. Alat ini akan mendinginkan udara yang masuk ke dalam kandang dengan memanfaatkan penguapan air. Evaporating Cooling Pad akan dihubungkan dengan air yang akan membasahinya. Saat udara panas melewati alat ini, air akan menyerap energi panas dan menguapkannya. Dengan demikian, hanya udara sejuk yang masuk ke dalam kandang.

3. Controller

Controller adalah alat yang dipergunakan untuk mengetahui dan mengendalikan suhu dalam kandang close house. Alat ini merupakan alat yang sangat penting keberadaannya untuk jenis kandang close house. Sebagai otak kandang close house, controller akan membantu peternak mengatur suasana kandang dengan menetapkan suhu dan kelembabannya. Peternak harus mengetahui temperatur yang paling tepat dan ideal untuk kenyamanan dan pertumbuhan ayam.

4. Tirai Kandang

Peralatan kandang close house yang terakhir adalah tirai kandang. Tirai kandang berfungsi untuk beberapa hal yaitu :

  • Melindungi ayam dari gangguan di luar kandang
  • Mencegah tetasan air hujan masuk ke kandang
  • Mempertahankan temperatur kandang
  • Menjadi Ventilasi darurat saat kipas mati
  • Memberikan tekanan statis dalam sistem kandang close house

Bahan yang paling tepat untuk dipergunakan sebagai tirai kandang adalah terpal. Selain mudah didapatkan, terpal juga merupakan perlengkapan kandang yang murah.

4 peralatan kandang close house tersebut wajib dipenuhi jika Anda ingin menjalankan sistem close house sepenuhnya. Sistem kandang close house sangat diperlukan dan sangat baik untuk ayam broiler. Kandang jenis ini mampu menyediakan iklim kondusif serta temperatur udara ideal sehingga tingkat stress ayam dapat berkurang.

Leave a Reply

0
Scroll to Top