Ketahuilah 6 Penyebab Berat Badan Sapi Menurun Dan Solusinya

Memelihara sapi sebagai hewan ternak tentu saja bukanlah sesuatu yang mudah untuk beberapa orang yang belum berpengalaman. Bila Anda baru saja merintis usaha ini, biasanya Anda akan mengalami beberapa kendala seperti sapi yang tak kunjung besar. Hal ini tentu saja mencemaskan karena akan berpengaruh pada nilai jualnya. Oleh karena itu Anda harus tahu penyebab berat badan sapi menurun dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya agar nantinya hasil panen memuaskan.

Penyebab Berat Badan Sapi Menurun

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab berat badan sapi menurun. Setelah Anda tahu apa penyebabnya, tentu saja akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari solusi dan mengatasinya.

1. Sakit

Penyebab berat badan sapi menurun yang paling sering terjadi adalah karena sapi yang sakit. Hal yang biasanya terjadi adalah ketidakstabilan di perut namun sakit ini tidak terlalu parah. Terkadang hal lain yang muncul adalah badan sapi panas dan demam sehingga menyebabkan berat badan menyusut.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan prebiotik atau vitamin. Namun perlu diingat, dalam memberikannya jangan dilakukan secara bersamaan agar tidak terjadi efek samping yang buruk.

2. Tidak menyukai makanan yang diberikan

Salah satu penyebab berat badan sapi menurun adalah karena makanan yang diberikan mungkin tidak sesuai dengan keinginannya. Otomatis nafsu makan akan menurun dan menyebabkan berat badan turun. Hal ini mungkin disebabkan karena sapi sudah bosan dengan pakan yang diberikan karena tidak variatif dan berganti-ganti.

Solusinya Anda dapat melakukan pergantian menu makan sapi secara berkala. Misalnya hari ini diberikan jerami, hari berikutnya rumput segar dan lain sebagainya. Cara ini dapat terus dicoba hingga nantinya berat badan sapi dapat bertambah dengan signifikan.

3. Cacingan

Sapi yang cacingan biasanya juga akan turun berat badannya karena adanya makhluk parasit yang tinggal di dalam tubuhnya. Di sini ada kasus sapi cacingan parah dan tidak parah yang membutuhkan treatment berbeda. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan suntikan untuk sapi yang terkena cacingan.

4. Stress

Walaupun sapi itu hewan, ternyata tidak jauh berbeda dengan manusia yang memiliki tingkat kesetresan. Bila hal ini terjadi, sapi akan malas makan karena nafsu makannya menurun. Beberapa hal yang dapat menjadi pemicu munculnya stress antara lain adalah makanan dan minuman yang jarang diganti, kandang yang kumuh dan penuh kotoran, jarang dibersihkan dan dimandikan dan lain sebagainya.

Cara mengatasi dan mencegah sapi agar tidak stres adalah mengganti makanan dan minumannya dengan berkala. Jangan sampai sapi merasa bosan karena makanan tidak bervariasi dan mogok makan. Selain itu bersihkan juga kandang dengan teratur, jaga agar tidak becek dan penuh dengan kotorannya yang akan memicu penyakit.

5. Minta dikawinkan

Sebagai pemilik, seharusnya Anda juga tahu dan mengenali tanda sapi yang mulai birahi dan minta untuk dikawinkan. Biasanya ada sapi yang berat badannya turun saat sudah mulai mengenal jodohnya dan sudah siap untuk kawin. Hal ini disebabkan karena pikirannya sudah terfokus pada sapi yang disukainya sehingga pola makannya tidak bagus.

Cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya dengan segera mengawinkan sapi dengan lawan jenis yang disukainya. Bila sapi tersebut sudah mulai tenang dan pola makannya normal, berarti dia sudah puas. Namun bila belum, Anda harus mengawinkannya lagi.

6. Suhu

Suhu yang tidak nyaman seperti terlalu panas dapat membuat sapi tidak nafsu makan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat kandangnya senyaman mungkin, memberikan air yang cukup atau untuk sementara memindahkannya di bawah pohon rindang yang sejuk.

Dengan informasi penyebab berat badan sapi menurun yang sudah Anda ketahui, Anda tidak perlu panik lagi bila berat badan sapi tak kunjung naik. Sekarang Anda dapat memulai meganalisis kira-kira apa penyebabnya dan mengaplikasikan solusi terbaiknya. Semoga ternak sapi Anda sukses dan banyak memperoleh keuntungan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top