Peluang Bisnis Menjanjikan, Ini 5 Tanaman Hias Langka dan Mahal di Indonesia

Pandemi covid-19 memang memunculkan banyak keresahan. Di waktu bersamaan, pandemi memberikan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Salah satunya adalah bisnis tanaman hias. Anda punya banyak pilihan dalam menjalankan bisnis tanaman hias langka dan mahal di pasar tanah air.

Lalu, jenis tanaman hias apa saja yang menjanjikan harga jual tinggi di pasaran? Anda penasaran, kan? Biar tidak penasaran lagi, ini 5 pilihan tanaman hias langka dan mahal yang menawarkan nilai jual tinggi yang bisa Anda pasarkan:

1. Ketapang biola

Opsi pertama, Anda bisa membudidayakan tanaman hias ketapang biola atau yang kerap disebut sebagai tanaman kimunding atau fiddle leaf fig. Di luar negeri, harga jualnya cukup tinggi bisa mencapai kisaran harga antara US$50 sampai US$200.

Penggunaan tanaman ini dapat mempercantik desain interior ruangan. Apalagi, ketapang biola punya ciri khas pada daunnya yang lebar serta mengkilap. Di Indonesia, harganya relatif masih murah. Bahkan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan biji tanaman ini.

2. Monstera deliciosa variegata

Selanjutnya, Anda bisa memilih untuk menawarkan tanaman hias langka dan mahal berupa Monstera deliciosa variegata. Tanaman ini lebih familier di Indonesia dengan sebutan janda bolong. Penamaan itu merujuk pada bentuk daunnya yang cantik dengan lubang pada bagian tengahnya.

Tak hanya itu, daun dari Monstera deliciosa variegata mempunyai keunikan karena punya warna perpaduan antara putih dan hijau. Anda bisa mendapatkan bibit dari tanaman ini dengan harga relatif murah, di bawah Rp100 ribu. Kalau tanaman sudah tumbuh tinggi, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

3. Anggrek hitam papua

Kalau ingin punya tanaman bunga yang cantik dan harga jualnya tinggi, pertimbangkan untuk membeli anggrek hitam papua atau anggrek cymbidium kiwi midnight. Bunga anggrek yang satu ini bukan berasal dari Papua, melainkan hasil persilangan Cymbidium Janet Holland dan Cymbidium Khairpour.

Bunga anggrek ini terlihat sangat cantik, dengan kelopak berwarna hitam. Meski bukan berasal dari Papua, peminat bunga anggrek ini cukup tinggi. Anda bisa menjumpai benih bunga anggrek hitam tersebut dengan harga di kisaran Rp200 ribuan. Kalau sudah berbunga, harganya bisa meningkat berkali-kali lipat.

4. Old pine bonsai

Anda bisa pula memilih untuk berbisnis tanaman hias langka dan mahal berupa bonsai. Penggemar tanaman jenis ini memang sangat banyak, dan mayoritas adalah orang kaya. Salah satu jenis tanaman bonsai yang terkenal berbanderol mahal adalah old pine bonsai.

Biasanya, tanaman bonsai bisa Anda peroleh dengan harga sekitar Rp10 jutaan. Namun, lain halnya dengan old pine bonsai. Di pasaran, old pine bonsai merupakan tanaman hias premium yang harga jualnya mencapai Rp13,2 miliar, lho!

5. Philodendron Paraiso Verde

Terakhir, Anda bisa mempertimbangkan untuk berbisnis tanaman hias bernama Philodendron Paraiso Verde. Tanaman ini satu ini punya ciri khas pada bagian daunnya yang runcing dan lebar. Oleh karenanya, tidak heran kalaul harga jual dari Philodendron Paraiso Verde dilihat berdasarkan daunnya.

Nah, itulah 5 pilihan tanaman hias langka dan mahal yang bisa kamu manfaatkan untuk peluang bisnis. Cocok kan, bagi Anda yang punya hobi berkebun. Bisa menjalankan hobi dan sekaligus memperoleh penghasilan besar.

Leave a Reply

0
Scroll to Top