Mengenal Pohon Sukun dan Aneka Pemanfaatannya

Di eropa, sukun dikenal sebagai “buah roti” karena daging buahnya terasa empuk seperti roti setelah dimasak. Di Indonesia, sukun memiliki beberapa nama seperti Kulur, Timbul atau Keleuih. Sukun diambil dari Bahasa jawa yang berarti “tanpa biji”. Buah ini bisa dijadikan bahan pangan yang penting karena memiliki sumber karbohidrat.

Image via Malukunews.co

Kandungan lain yang dimiliki sukun cukup banyak seperti Protein, serat, mineral dan juga macam macam vitamin (Vit B, Vit C, Vit E). sukun memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak dibandingkan dengan beras dan kentang. Karenanya mengonsumsi sukun sangat baik untuk kesehatan.

Image Via Dutawarta.com

Buah sukun berebentuk bulat dengan duri-duri nya yang tidak tajam.  Kulit sukun biasanya berwarna hijau atau kuning ketika masak.

Cara pengolahan sukun sangat beragam, bisa digoreng, direbus, dibakar atau di sangrai. Akan tetapi selain dimasak langsung sukun juga bisa dijadikan sebagai bahan lain. lihat apa saja yang bisa di buat dari buah sukun di bawah ini.

Kripik sukun

Meskipun masih sama cara pengolahannya dengan di goreng, tetapi sukun memiliki rasa berbeda ketika menjadi kripik. Karena memiliki tekstur yang padat ketika sebelum diolah, menjadikannya mudah untuk dibuat sebagai kripik. Selain itu, sukun akan menjadi tahan lama ketika dijadikan kripik.

Image Via Yummy.co.id

Tekstur nya yang renyah dan rasa yang enak bisa menjadikannya peluang usaha. Nah segera manfaatkan sukun yang ada disekitar rumahmu untuk berwirausaha.

Tepung sukun

Buah sukun memiliki kadar karbohidrat sebesar 28,2%, hal ini manjadikan buah sukun untuk dfijadikan tepung. Pemanfaatan buah sukun untuk menjadi tepung ini bisa mensubtitusi penggunaan tepung terigu mencapai 75%.  

Image via Tokomesin.com

Tepung sukun ini dapat dimanfaatkan untuk membuat aneka kue kering, pancake, cake dan kue-kue lainnya. Karena didalammnya tidak terdapat senyama Gluten, tepung sukun bisa dicampurkan dengan berbagai jenis tepung lainnya.

Selain pemanfaatannya dibidang makanan, sukun juga dapat bermanfaat di bidang kesehatan.  Buah sukun dapat mngurangi peradangan, karena di dalam buah sukun terdapat Fenolat , zat ini mampu bereaksi dengan sitoksin yang merupakan penyebab dari radang. Buah sukun juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

segera manfaatkan buah sukun yang ada disekitar rumahmu ya, karena buah sukun cukup sulit ditemukan dibeberapa daerah.

Leave a Reply

0
Scroll to Top