Mengenal Panda Keluarga Beruang Yang Semakin Terancam Punah

Panda merupakan salah satu hewan mamalia yang masih satu keluarga dengan beruang. Panda memiliki nama latin Ailuropoda Melanoleuca merupakan hewan yang berasal dari Tiongkok Tengah. Di alam liar mereka biasa tinggal di sekitar pegunungan seperti pegunungan Sichuan dan Tibet. Mamalia satu ini menjadi lambang negara Tiongkok. Termasuk ke dalam jenis omnivora pemakan segalanya seperti daging, ikan, sayur, dan buah. Panda suka sekali memakan bambu tujuannya adalah untuk diet.
Panda For Mobile - Panda Wallpaper Hd - 1920x1200 - Download HD Wallpaper -  WallpaperTip
image via wallpapertip.com

Mereka bisa hidup di alam liar dengan rentan jarak waktu sekitar 20 tahun beda lagi jika di penangkaran bisa hidup sampai umur 25-30 tahun. Jumlah panda di alam liar semakin hari semakin langka karena disebabkan oleh perubahan iklim yang ekstrem. Panda liar hanya hidup di pulau terpencil di negeri Tiongkok saja seperti di dataran tinggi pegunungan yang banyak ditumbuhi pohon bambu. Jika musim panas tiba maka mereka akan lebih naik tinggi lagi menuju dataran tinggi yang lebih tinggi di atas 4.000 meter untuk mencari makanan.

Warna hitam dan putih pada panda dipercaya melambangkan tentang kedamaian serta keselarasan bagi warga Tiongkok. Mamalia satu ini menjadi simbol perdamaian di Tiongkok, sebagai contohnya dahulu jika ada peperangan antar suku/warga di Tiongkok mereka akan mengibarkan bendera yang bergambar panda yang berarti adanya ajakan untuk saling berdamai dan menghentikan peperangan serta gencatan senjata.

Giant Panda HD Wallpapers | Panda, Giant panda, Panda wallpapers
image via pinterest.com

Mamalia satu ini telah hidup diperkirakan dari 3 juta tahun yang lalu. Mereka tidak bisa berlari kencang seperti layaknya beruang hitam yang bisa berlari dengan kecepatan sampai 35 mil per jam. Dengan kecepatan 35 mil per jam beruang hitam mempunyai kecepatan setara rusa dan kuda.

Bayi panda akan menjadi tumbuh dewasa memerlukan waktu sekitar 6 tahun lamanya. Bobot panda dewasa bisa mencapai 155 kg bahkan lebih. Dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa panda selama 3 juta tahun terakhir telah mengalami perkembangan sebagai keturunan yang terpisah dari jenis keluarga beruang lain.

Uniknya panda lebih sering melahirkan bayi kembar jika berada di penangkaran. Sang induk hanya dapat mendampingi anaknya menjadi dewasa dengan waktu kurun 3-4 tahun saja. Panda menghabiskan separuh waktunya selama seharian sering kali dengan memakan bambu. Mereka memiliki bentuk wajah yang sangat menggemaskan. Bentuk wajah yang tembem sebenarnya bukan karena mereka kegemukan melainkan mereka memang mempunyai otot pada bagian pipi yang sangat besar. Sehingga mereka dapat mengunyah makanan yang sangat keras seperti bambu.

Pada bagian tenggorokannya mereka memiliki sebuah lapisan untuk melindungi dari makanan-makanan bertekstur kasar seperti bambu. Ada sekitar 300 spesies bambu di Tiongkok, bambu yang dicerna oleh panda sebenarnya tidak dicerna sempurna oleh mereka hanya sekitar 20-30% saja nutrisi yang akan diserap dari hasil mengonsumsi bambu. Maka dari itu mereka harus mencari sumber makanan lain selain dari bambu agar dapat bertahan hidup seperti ikan, daging, dan buah.

Mamalia ini memiliki 42 gigi secara keseluruhannya. Saat memakan bambu mereka hanya memerlukan waktu selama 40 detik saja agar bambu itu tercerna. Panda termasuk mamalia yang memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Dalam berkomunikasi mereka tidak menggunakan ekspresi wajah sebagai sarananya seperti hal nya komunikasi jenis beruang pada umumnya.

Panda pertama kali yang melahirkan di penangkaran terjadi pada tahun 1963 yaitu di kota Beijing. Jika suatu taman margasatwa ingin memelihara panda mereka perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal bahkan lebih mahal 5 kali dari gajah yang merupakan hewan termahal kedua.

Nah itulah ulasan seputar panda, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang panda. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top