fbpx

Mengenal Kanguru Hewan Yang Menjadi Lambang Negara Australia

Kanguru merupakan salah satu hewan mamalia yang menjadi lambang negara Australia, memiliki nama latin Macropodidae. Kata kanguru diambil dari suku Australia asli yaitu suku Aborigin yang berarti Gangguru. Ada 3 spesies kanguru di dunia yaitu kanguru merah, abu-abu timur, dan abu-abu barat. Kanguru merah adalah jenis yang mempunyai ukuran tubuh paling besar diantara yang lain mempunyai tinggi lebih dari 2 meter dan bobot mencapai 95 kg.
Wallpaper Kanguru dan ibunya HD unduh gratis | Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com

Kanguru mempunyai kaki belakang yang sangat kuat, bentuk telapak kakinya yang sangat lebar berguna untuk melompat. Mereka bisa melompat dengan kecepatan 70 km/jam, untuk harapan hidup mamalia satu ini bisa bertahan hidup hingga umur 15-25 tahun. Kanguru memiliki otot tungkai yang sangat perkasa diketahui berguna untuk berkelahi antar kelompok yang bertujuan untuk memikat sang betina dan merebut kekuasaan.

Merupakan mamalia yang senang hidup berkelompok, biasanya pemimpin dalam kelompok kanguru ditentukan dari umur, yang memiliki umur paling tua berarti mereka yang berhak memimpin suatu kelompok kanguru. Memiliki sifat sangat agresif dalam mempertahankan wilayahnya, mereka akan berkelahi mati-matian antar kelompok agar daerah kekuasaannya tidak direbut oleh kelompok lain.

gambar kangguru wallpaper hd dari Berbagai Gambar Kanguru Lengkap di 2021 |  Kanguru, Gambar, Hewan
image via pinterest.com
Selain memiliki sifat yang agresif jago berkelahi kanguru juga merupakan salah satu mamalia yang jago berenang. Mereka dapat berenang dari hulu sungai satu ke sungai lain dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Kanguru siap kawin sekitar umur 2 tahun keatas dan memiliki usia kandungan kehamilan 30-35 hari. Mereka mempunyai bagian tubuh yang unik disekitar badan yaitu kantung, yang berfungsi untuk melindungi anak/bayi kanguru dari serangan agresif kelompok lain. Kantung tersebut hanya bisa menampung 1-2 anak kanguru saja. Mereka bisa tinggal di dalam kantung selama 6-11 bulan saja pasca lahir. Selama kurang lebih 2 bulan anaknya akan menampakan kepalanya saja dari dalam kantung.

Setelah umur kurang lebih 4 bulan barulah mereka mulai aktif dan berani keluar dari kantung induknya tersebut. Selain sebagai tempat tinggal sang anak kantung tersebut juga berguna untuk tempat menyusui. Setelah menginjak umur 1 tahun berarti mereka sudah dikatakan menjadi kanguru dewasa mereka tidak akan kembali ke kantung induknya dan sudah bisa mencari makanan sendiri.

Kelebihan lain yang dimiliki kanguru yaitu bisa mengetahui dimana sumber air terdekat berada. Maka dari itu sering kali di negara Australia mamalia satu ini digunakan sebagai petunjuk keberadaan mata air, biasanya seorang petani yang memanfaatkan seekor kanguru untuk mencari mata air untuk keperluan irigasi lahannya.

Kanguru juga ternyata terdapat di Indonesia tepatnya dibagian sebelah timur yaitu pulau Papua. Ukuran tubuh kanguru di Indonesia cenderung lebih kecil beda dibandingkan dengan Australia yang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Namun keberadaan mereka semakin punah di Indonesia karena banyaknya perburuan liar yang tidak bertanggung jawab. Biasanya dimanfaatkan bagian daging serta kulitnya.

Nah itulah ulasan seputar kanguru, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang kanguru. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top