Mengenal Arwana Karnivoranya Air Tawar Yang Diburu Oleh Para Kolektor

Mengenal ikan arwana

Arwana adalah ikan hias predator tertua didunia yang masih punya eksistensi hingga sekarang. Nama latinnya Familia Osteoglossidae. ikan ini justru semakin eksis diburu oleh para kolektor karena keunikanya. Mempunyai ciri khas bagian sisik yang berwarna sangat indah.

Terjual Di jual ikan arwana super red ukuran 30-45cm. | KASKUS
image via kaltim.tribunnews.com

Dari ciri khasnya mempunyai harga jual yang tinggi didunia. Habitatnya dialam bebas disungai yang airnya tenang dan terdapat ditumbuhi tumbuhan yang akarnya menjulur kedalam sungai/air.

Jenis-jenis ikan arwana

1. Ikan Arwana Hijau atau Arwana Green

10 Jenis Ikan Arwana dan Harganya untuk Dipelihara - Tokopedia Blog
image via tokopedia.com

Green Arowana adalah nama latin dari arwana hijau. Khususnya banyak dijumpai diperairan Asia Tenggara. Arwana jenis ini mempunyai warna hijau cenderung kekuningan putih samar. Harganya biasa dibanderol dipasaran berkisar Rp.4.500.000-Rp.15.000.000 tergantung juga kolektor yang akan melepas Arwana kesayanganya.

2. Ikan Arwana Red Tail Golden

Gambar Ikan Arwana Golden Red yang Cantik Harga Murah
image via infoikan.com

Ikan Arwana satu ini banyak ditemui disalah satu perairan Indonesia tepatnya didaerah Provinsi Riau. Namun untuk menangkap jenis ini sangat sulit dikarenakan mempunyai karakteristik yang lincah gesit dan aktif. Ia mempunyai ciri khas warna merah silver pucat kesayu-sayuan. Biasanya dibanderol oleh kolektor dengan harga yang tidak beda jauh dengan Arwana Hijau yaitu sekitar Rp.4.500.000-Rp.18.000.000.

3. Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)

ARWANA BLACK (Osteoglossum Ferreirai) - CJ AQUATIC
image via cjaquatic.com

Ikan Arwana Black Golden merupakan salah satu yang termahal karena populasinya yang sudah langka. Memiliki warna yang indah sekali dengan karakteristik warna hitam kesilveran. Jika dikegelapan warna silver tersebut seperti memancarkan layaknya cahaya. Ia banyak ditemukan di Malaysia namun kini populasinya sudah langka dan jarang ditemukan. Ikan ini mempunyai harga sekitar Rp.19.000.000-Rp.25.000.000 sangat fantastis bukan.

4. Ikan Arwana Super Red

Mengenal Lebih Dekat Jenis Ikan Arwana Super Red Dan Cara Pemeliharaannya |  by petani udang | Medium
image via hewan.id

Arwana Super Red bisa dibilang paling termahal dari yang lain. Memiliki warna tubuh yang sangat mencolok yaitu merah menyala. Para kolektor banyak sekali yang ingin mempunyai Arwana jenis ini.

Melihat warna tubuhnya yang sangat gahar. Arwana ini mempunyai pasaran Rp.4.500.000-Rp.49.000.000 dengan harga segitu kalian bisa memiliki Arwana jenis ini.

Nah itulah artikel mengenai ikan Arwana sang Predator. Semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang ikan Arwana. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat

Sumber Refrensi :

Tokopedia. 10 Jenis Ikan Arwana Tercantik dan Terpopuler di Dunia (internet). tokopedia.com [cited 1 Agustus 2018]. Available from : shorturl.at/byJLM

Leave a Reply

0
Scroll to Top