Praktekkan Sendiri! Ini Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Benar

Halaman rumah yang hijau dengan hamparan tanaman rumput gajah mini adalah dambaan bagi semua pemilik rumah. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menanam rumput gajah mini yang benar. Jika Anda memahami bagaimana cara yang tepat untuk menanam dan merawat tanaman ini, maka impian halaman hijau akan jadi nyata. Hunian Anda akan nampak lebih alami, asri dan menyejukkan untuk dipandang.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Benar dan Tepat

Rumput gajah mini adalah tanaman rumput yang sengaja ditanam untuk mendapatkan kesan halaman yang lebih asri dan alami di rumah. Tanaman ini akan nampak seperti permadani hijau saat tumbuh dengan sehat dan lebat. Semua orang menyukai tanaman hijau ini.
Menanam rumput gajah mini tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa mempraktekkannya sendiri tanpa harus menggunakan tenaga profesional. Tanaman ini bahkan lebih mudah ditanam ketimbang rumput gajah jepang.

Penasaran bagaimana cara menanam rumput gajah mini yang benar dan tepat? Berikut ini kami ringkas untuk Anda.

1. Persiapan Bibit

Bibit terbaik adalah bibit yang berkualitas dan dipersiapkan dengan maksimal. Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian atau di toko bunga yang memang menyediakannya. Umumnya, bibit rumput gajah mini sangat murah dan terjangkau.

2. Persiapan Lahan

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai menanam rumput gajah mini. Salah satunya adalah kondisi tanah yang akan dipergunakan. Tanah untuk ditanami rumput gajah mini harus tanah yang gembur, tidak kering atau tandus.

Jika halaman rumah Anda dalam kondisi yang tandus, Anda harus mengolahnya terlebih dahulu. Cangkul tanah sedalam 5 – 10 cm lalu kemudian ratakan kembali. Taburkan pupuk kompos atau pupuk kandang supaya tanahnya bernutrisi.

Setelah dilakukan pencangkulan dan pemberian pupuk, tanah juga harus disiram supaya kelembabannya terjaga. Usahakan untuk tidak terlalu becek. Lakukan penyiraman tanah setidaknya sekali dalam sehari selama satu minggu.

3. Proses Penanaman

Jika tanah yang akan ditanami rumput gajah mini sudah siap, Anda bisa mulai melakukan penanaman. Bibit rumput gajah mini biasanya disediakan dalam bentuk lembaran lengkap dengan tanahnya. Berikut cara menanam rumput gajah mini yang benar, yaitu :

  • Potong bibit rumput gajah mini dengan ukuran 5×5 cm untuk mempermudah penanaman
  • Tanam bibit langsung dengan akar dan tanah yang menempel
  • Berikan jarak secukupnya sesuai kebutuhan Anda
  • Pastikan akar rumput gajah tertanam di tanah dan menempel erat pada tanah
  • Penanaman bibit bisa dilakukan dengan pola zig-zag supaya pertumbuhannya bisa merata
  • Ratakan bagian tanah di sekitar tempat menanam bibit supaya nantinya tidak terasa bergelombang. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak ada air yang tergenang di tempat cekung.
  • Setelah selesai, siram dengan cara menyemprot air ke seluruh permukaan tanah dan tanaman rumput gajah mini

4. Proses Perawatan

Jika Anda berpikir bahwa tanaman rumput gajah mini tidak membutuhkan perawatan, maka Anda salah besar. Meskipun rumput hias, tanaman ini tetap membutuhkan nutrisi supaya selalu nampak hijau dan sehat.

Anda bisa menggunakan pupuk tanaman seperti urea dan NPK selama 1 kali dalam satu bulan. Lakukan pemupukan saat usia tanaman sudah mencapai 2 minggu. Jangan lupa untuk menyiangi gulma supaya rumput gajah mini bisa tumbuh dengan sehat.

Sudah siap untuk mempraktekkan cara menanam rumput gajah mini yang benar di atas? Kini sudah saatnya Anda mewujudkan impian memiliki rumah hunian yang asri dan alami. Dengan tanaman rumput gajah mini yang memenuhi halaman Anda, dijamin Anda pasti akan betah berada di dalam rumah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top