Tidak Ada 15 Menit, Begini Cara Menanam Bawang Putih di Pot Secara Mudah!

Menjadi bahan makanan yang selalu ada salam setiap masakan, membuat bawang putih akan selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya, terkadang harga bawang putih dapat melambung tinggi karena terbatasnya hasil panen. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat menanam bawang putih di pot sendiri . Jadi, tidak perlu bingung ketika persediaan bawang putih di rumah habis.

Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Ini dapat menjadi kegiatan ideal bagi pekebun pemula maupun yang sudah berpengalaman. Berikut cara menanam bawang putih di pot secara mudah.

1. Persiapan

Hal yang pertama yang dipersiapkan adalah beberapa siung bawang putih dengan kondisi bagus yang digunakan sebagai bibit. Sebelum menanamnya, lebih baik kupas kulitnya terlebih dahulu.
Kemudian, siapkan pot yang memiliki kedalaman minimal 20 sentimeter dan terdapat lubang untuk drainase air.

2. Penanaman

Isi pot yang sudah disiapkan tersebut dengan media tanam pot, terdiri dari tanah berkompos yang sudah siap pakai dengan pasir. Perbandingan dari keduanya 3:1. Masukkan campuran ini ke dalam pot, namun lebih baik sisakan ruang sekitar 2,5 sebelum pot penuh (dari bibir pot) . Ruang ini dimaksudkan untuk pertumbuhan bawang.

Tanam siung bawang putih dengan posisi ujung yang lancip di atas dan rata di bawah. Tekan bawang ke dalam tanah kira-kira 10 hingga 15 sentimeter. Satu pot dapat digunakan untuk menanam lebih dari satu siung bawang, namun Anda harus memberi jarak setidaknya 10 sentimeter antarsiung dan 10 sentimeter pula dari sisi pot.

Jika sudah, letakkan pot di luar rumah atau di tempat yang mudah terpapar sinar matahari langsung. Pastikan untuk rutin menyiramnya, dan pertahankan tanah agar tetap lembap, namun tidak terlalu basah. Tanaman bawang putih ini sangat bergantung pada paparan sinar matahari, sehingga apabila Anda menyimpannya di dalam rumah, pastikan kondisi sekitarnya hangat.

3. Panen

Anda dapat memanen bawang putih di dalam pot tersebut pada 8 hingga 10 bulan sejak penanaman. Tetapi Anda dapat melakukannya sebelum waktu tersebut dengan tanda daun yang tumbuh sudah mati dan berwarna cokelat.

Mudah bukan cara menanam bawang putih di pot yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah?

Leave a Reply

0
Scroll to Top