Manfaat Bunga Matahari, Si Cantik Berwarna Kuning yang Memukau

Siapa yang tak mengenal bunga matahari, warnanya yang kuning terang dengan bentuk bulat yang indah membuat banyak orang menggemarinya. Belakangan ini bahkan bunga matahari banyak dijadikan taman wisata sebagai tempat foto kekinian di berbagai wilayah. Namun, tak hanya bentuk dan warnanya yang indah, ternyata bunga matahari juga memiliki banyak khasiat lho, mulai dari kelopak hingga daunnya. Apa sajakah manfaat bunga matahari? Yuk simak!

manfaat-bunga-matahari-star-farm

Daftar Manfaat Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki banyak khasiat, baik bijinya, daun, hingga kelopaknya yang masing-masing memiliki manfaat berbeda. Diantaranya

1. Biji Bunga Matahari

Siapa sih yang tidak familiar dengan biji bunga matahari atau dikenal dengan kuaci. Biji bunga matahari sendiri biasanya dijadikan camilan saat bersantai karena rasanya yang gurih dan ringan. Selain rasanya yang enak, biji bunga matahari juga mengandung nutrisi baik, seperti vitamin E yang mengandung antioksidan dan menangkal radikal bebas. Kandungan ini yang kemudian dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Selain itu, kuaci juga memiliki magnesium yang tinggi di mana mampu mencegah osteoporosis dan membantu meredakan kram otot. Tingginya magnesium dalam kuaci ini juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

2. Kelopak Bunga Matahari

Kelopak bunga matahari yang mengandung nutrisi baik biasanya digunakan sebagai minuman herbal. Khasiat dari minum kelopak bunga matahari adalah meredakan radang pada payudara, meringankan pusing, dan lain sebagainya. Selain itu, minyak kelopak bunga matahari juga memiliki banyak manfaat karena kandungan asam linoleat yang baik untuk program diet.

3. Daun Bunga Matahari

Tak hanya kelopak dan bijinya saja, daun bunga matahari juga memiliki nilai guna. Daunnya yang lebar, bertekstur lembut, dan halus dianggap bagus untuk dijadikan pakan hijauan hewan ternak karena akan lebih mudah dicerna. Hal inilah yang membuat daun bunga matahari yang dijadikan pakan dianggap lebih baik daripada rumput liar. Tak hanya itu, kandungan nitrogen dan fosfor pada daun bunga matahari juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti pupuk.

Demikianlah uraian mengenai khasiat bunga matahari dari berbagai elemen. Jika dilihat dari berbagai manfaat di atas, maka dapat disimpulkan, bahwa bunga matahari sangat berguna baik bagi kesehatan, kecantikan, bahkan untuk peternakan dan pertanian. Bagaimana, tertarik menanam bunga matahari?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top