Menjaga Ketahanan Pangan dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Anda mungkin sering kali mendengar istilah ketahanan pangan, namuan sebenarnya apa sih ketahana pangan itu? Menurut Badan Usaha Logistil Nasional atau Bulog, ketahanan pangan merupakan ketersediaan pangan dan kemampuan untuk mengakses sumber pangan tersebut. Oleh karena itu, untuk menjaga ketahanan pangan nasional, perlu adanya penganekaragaman pangan pakok.

ketahanan-pangan-star-farm

Hal tersebut telah dilakukan beberapa daerah dengan program, seperti “Sehari tanpa Nasi” dan lain sebagaianya. Nah, jika Anda ingin berpartisipasi dalam menjaga ketahanan pangan nasional, yuk mulai konsumsi makanan pokok lebih beragam. Caranya ialah mengurangi nasi dan menggantinya dengan beberapa makanan ini.

3 Makanan Pengganti Nasi Demi Menjaga Ketahanan Pangan

Untuk menjaga ketahanan pangan, berikut 3 sumber makanan yang memiliki kandungan dan memberikan rasa kenyang yang tak jauh berbeda dengan nasi, antara lain:

1. Jagung

Jagung mungkin cukup familiar menjadi pengganti nasi. Bahkan di daerah-daerah masih banyak yang menggunakan jagung sebagai makanan pokok. Makanan ini memiliki kandungan serat yang baik, sehingga baik pula untuk pencernaan. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin C dan Antioksidan yang baik untuk kesehatan mata Anda. Jangan lupa, jagung yang dibuat makanan pokok juga terkenal bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

2. Ubi

Umbi-umbian yang satu ini sering kali disebut memiliki kandungan yang lebih sehat daripada nasi. Sama halnya dengan nasi, ubi yang telah diolah memiliki kandungan karbohidrat. Kandungannya antara 18-21 persen yang mengandung lebih banyak serat daripada karbohidrat nasi.

Selain karbohidrat, ubi juga kaya akan kandungan nutrisi lain. Contohnya seperti kalium, vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Lebih bagus lagi, ubi memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga aman untuk Anda yang sedang diet dan para penderita diabetes.

3. Pisang

Sebagai buah yang kaya akan karbohidrat, pisang menjadi salah satu buah yang cocok sebagai pengganti nasi. Beberapa negara di Amerika Selatan dan Afrika bahkan menjadikan buah yang satu ini sebagai makanan pokok. Selain mengandung karbohidrat, pisang juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B6, hingga kalium. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Itulah beberapa makanan pengganti nasi agar makanan pokok semakin beragam. Peragaman pangan bukan berarti membuat Anda harus benar-benar menghindari nasi, hanya saja Anda perlu sesekali menggantinya dengan beberapa makanan di atas. Yuk lakukan peragaman pangan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top