Semua Tentang Kucing Bengal yang Perlu Anda Tahu

Kucing Bengal

Kucing bengal diketahui sebagai kucing yang berasal dari Amerika. Hewan ini merupakan hasil persilangan yang dilakukan antara kucing Asian leopard dengan kucing American shorthair. Persilangan ini dilakukan pada tahun 1889 dengan tujuan untuk menciptakan imunitas alami kucing liar terhadap virus leukemia. Namun dalam perjalanannya, kucing ini memiliki bentuk dan warna yang memikat sehingga banyak orang tertarik memeliharanya.

Karakter dan ciri Kucing Bengal

Kucing bengal memiliki nama yang cukup unik dan aneh. Binatang ini memang tidak sama dengan jenis kucing lain yang rata-rata jinak, manja dan anggun penampilannya. Kucing yang satu ini terkesan aktif dan lincah mengajak pemiliknya untuk bermain-main.

Hewan ini suka memanjat pohon, bergerak kesana kemari dan senang bermain-main. Tidak jarang Anda akan menemukan bengal yang suka melompat-lompat ke atas kursi dan perabot rumah lainnya. Ini merupakan karakter alami mereka.

Meskipun demikian, kucing yang satu ini memiliki sifat setia. Mereka akan menjaga rumah dan tuannya dari berbagai macam bahaya. Kucing ini memiliki sifat penjaga seperti anjing. Selain itu, tingkat kecerdasannya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.

Kucing jenis ini juga merupakan kucing yang atletis dan suka berolahraga. Mereka akan sering mengajak tuannya bermain-main dan berinteraksi. Bagi Anda yang memang suka tipe kucing lincah, memang paling tepat jika memelihara kucing jenis bengal.

Selain karakter, Anda juga harus mengetahui ciri kucing jenis bengal ini. Berikut ini adalah ciri fisiknya supaya Anda lebih mudah membedakan dengan jenis kucing lain, yaitu :

1. Perawakan Gagah

Tubuh kucing jenis ini didapatkan dari induk persilangannya yaitu kucing Asian leopard. Bertubuh gagah, besar, atletis serta panjang adalah ciri utama kucing jenis bengal. Kucing ini bisa berbobot hingga 10 kg untuk jenis jantannya.

2. Cerdas

Bengal juga termasuk jenis kucing yang cerdas. Mereka memiliki daya ingat kuat dan tingkat kecerdasan tinggi. Mereka mampu mengenali keluarga dan orang asing. Kecerdasan inilah yang membuat bengal memiliki sifat setia pada tuannya.

3. Bulu Lembut

Kucing bengal memiliki bulu tubuh yang super lembut. Bulu tubuhnya beraneka ragam sesuai dengan dominasi gen yang muncul. Bulu kucing yang satu ini biasanya memiliki sebutan tersendiri yang sering dipanggil dengan istilah pola dasar.

Berikut ini adalah beberapa pola dasar kucing Amerika persilangan ini, yaitu :

  • Rosetted Spotted yang terdiri dari Arrow Rossetted, Pawprint Rossetted, Donuts Rossetted dan lain sebagainya.
  • Marble yang terbagi menjadi Chaos Pattern Marble, Horizontal Flowing Marble, Reduced Pattern Horizontal Flowing Marble dan lain sebagainya.

Secara umum, warna dasar bengal adalah coklat cinnamons dengan bintik kehitaman. Warna coklat ini akan Anda temui di seluruh tubuhnya.

4. Otot yang Kuat

Kucing yang satu ini adalah jenis kucing yang sangat suka bergerak. Hal inilah yang membuat ototnya terbentuk. Tubuhnya nampak besar dan gagah seperti harimau kecil.

5. Suka Mandi

Berbeda dengan jenis kucing lainnya, bengal merupakan tipikal kucing yang suka mandi. Kucing ini tidak takut air dan suka bermain-main dengan air.

6. Hiperaktif

Seperti disebutkan sebelumnya, kucing ini sangat suka mengajak tuannya bermain. Ini karena mereka memiliki sifat yang aktif hingga hiperaktif.

Bagi Anda yang memiliki kucing bengal di rumah, pastikan untuk memiliki waktu dan tenaga lebih dalam merawatnya. Anda bisa mengajak kucing ini berjalan-jalan layaknya seekor anjing. Mereka akan sangat menyukainya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top