fbpx

KiwiCross Sang Primadona Asal New Zealand!

Hal yang paling diharapkan dalam beternak sapi perah adalah produktivitas susu yang tinggi. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai tujuan ini. Salah satunya adalah  dengan perkawinan silang (cross breeding). Di New Zealand ada satu crossbreed yang sangat terkenal bahkan memiliki reputasi sebagai sapi yang paling mudah dalam perawatan. Siapakah dia? Sapi ini diberi julukan KiwiCross. Sudah pernah mendengar namanya? Yuk, kenalan lebih jauh dengan sapi perah ini!

Asal-usul KiwiCross

KiwiCross merupakan sapi perah hasil persilangan antara sapi Friesian Holstein dengan Sapi Jersey. Sebelumnya sudah pernah dibahas tentang  Sapi Jersey, Penghasil Susu Creamy Bernutrisi! Jangan lupa dibaca yah. KiwiCross memiliki warna dari hitam pekat hingga cokelat karamel. Tujuan kawin silang ini adalah untuk menghasilkan sapi perah yang memiliki sifat unggul dan peforma yang baik dari kedua breed yang disilangkan.

Istilah Kiwi sendiri merupakan  representasi dari New Zealand. Nama ini identik dengan panggilan bagi orang-orang di New Zealand. Selain itu, nama Kiwi ini juga merupakan nama burung asli New Zealand yang telah menjadi simbol nasional negara tersebut. 

Karakter

KiwiCross pertama kali diluncurkan oleh sebuah company yang bergerak di Livestock Breeding and Genetics yaitu Livestock Improvement Corporation (LIC). LIC mengeluarkan croosbreed ini pada tahun 2005 dan sekarang telah menjelma menjadi sapi perah paling populer di New Zealand. Terbukti dengan populasinya yang mencapai 45,6% dan merupakan yang paling tinggi. Sedangkan populasi dari Friesian Holstein mencapai 34,7%, Jersey 10,4%, dan sisa yang lainnya merupakan ras Shorthorn, Ayrshire, Guernsey, dan Brown Swiss.

Apa sebenarnya yang membuat KiwiCross memiliki begitu banyak penggemar? Hal ini lantaran keunggulan yang menakjubkan dari KiwiCross, antara lain:

  • Produktivitas yang lebih tinggi
  • Tingkat kesuburan yang lebih baik
  • Umur yang lebih panjang

Peforma apik ini akan tetap bertahan 100% pada keturunanan berikutnya dari sapi KiwiCross. Tak heran, jika popularitas KiwiCross pun telah menyebar ke berbagai negara di dunia.

Nah, itulah dia sekilas informasi mengenai sapi perah paling populer di New Zealand. Berharap semoga Indonesia suatu saat akan memiliki sapi perah yang khas Indonesia serta mampu menunjang produktivitas susu dalam negeri. Mari kita doakan bersama untuk peternakan susu di Indonesia agar jadi lebih baik. Salam peternakan!

Leave a Reply

0
Scroll to Top