Sapi Jersey, Penghasil Susu Creamy Bernutrisi!

Sapi penghasil susu identik dengan Sapi Hitam Putih, betul atau betul banget? Tidak salah, karena pada umumnya peternak di Indonesia mayoritas memelihara sapi Frisian Holstein atau si Hitam Putih. Namun tahukah bahwa kini di negara kita sudah ada jenis sapi penghasil susu lain yang telah dikomersialkan hasil susunya? Siapakah dia? Dia adalah sapi Jersey, yang belakangan ini susu yang dihasilkannya sedang booming. karena diklaim rasanya lebih creamy, gurih, dan bikin nagih. Penasaran siapa sih seleb di dunia per-sapian Indonesia yang sedang naik daun ini? Yuk, kenalan lebih jauh dan simak fakta menarik tentang Sapi Jersey!

Photo by Pixabay

Karakter Sapi Jersey

Sesuai dengan pulau yang dihuninya, sapi ini berasal dari Pulau Jersey di British Channel Island, perbatasan negara Inggris dan Perancis. Sapi Jersey merupakan salah satu dari 3 ras penghuni Channel Island, yang lainnya adalah sapi Guernsey dan Alderney (sudah punah). Sapi Jersey memiliki postur tubuh yang mungil dengan bobot 450-500 kg. Dihiasi dengan bulu berwarna cokelat dan hidung berwarna hitam. Untuk sifat sapi Jersey sendiri cenderung tidak sejinak sapi Frisian Holstein. Sapi ini tengil dan aktif, bahkan untuk pejantannya bisa dikatakan cukup agresif. Namun, sapi Jersey termasuk jenis sapi yang tangguh. Hal ini karena dia mampu beradaptasi dengan baik di berbagai iklim dan bahkan sangat cocok dipelihara di negara tropis.

Menghasilkan Susu Creamy yang Kaya Nutrisi

Satu ekor sapi Jersey mampu menghasilkan 25 hingga 27 liter susu dalam sehari. Susu yang dihasilkan sangat kaya rasa dan creamy, namun aftertaste yang diciptakan tetap nyaman di mulut maupun di tenggorokan. Susu ini memiliki kandungan nutrisi yang kompleks, meliputi vitamin A, B, D, dan E, mineral berupa zinc dan iodine. Serta susu juga tinggi kalsium, fosfor, protein dan lemak. 

Menurut American Jersey Cattle Association (AJCA), susu sapi Jersey memiliki kandungan protein 15-20 persen lebih tinggi. Selain itu kandungan kalsium 15-18 persen lebih tinggi daripada susu yang dihasilkan oleh sapi pada umumnya. Tingkat creamy pada susu sapi Jersey bergantung pada kandungan lemak pada susu. Sapi Jersey ini menghasilkan susu yang memiliki kadar lemak yang lebih tinggi. Namun lemak susu merupakan lemak baik yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Lemak susu dibagi menjadi tiga yaitu lemak jenuh yang baik untuk organ hati dan saraf. Selain itu lemak tak jenuh untuk melindungi kardiovaskular, dan lemak omega 3.

Itulah sekilas informasi mengenai sapi Jersey yang sedang hits . Sudahkah mencobanya? Bagi yang belum, yakin nih nggak mau nyobain?Ayuk dicoba untuk merasakan segudang manfaatnya!

Leave a Reply

0
Scroll to Top