Sapi Normande, Sapi Perah Prancis dengan Kualitas Susu Terbaik

Sapi Normande adalah salah satu jenis sapi unggulan yang digadang-gadang sebagai penghasil susu terbaik. Susu sapi ini memiliki kandungan lemak yang cukup melimpah sehingga sering dijadikan bahan pembuatan butter dan keju.

Sapi berwarna kulit unik ini berasal dari Normandia yang terletak di barat laut Perancis. Normande kini telah diekspor ke berbagai belahan bumi dan menjadi salah satu ternak utama penghasil susu berkualitas.

Asal Mula Sapi Normande

Pada awal abad ke 19, sapi Normande mulai dikenal. Sapi ini bukan trah asli namun merupakan jenis hasil cross breeding. Induknya adalah breed sapi lokal yaitu Cotentine, Cauchoise dan Augeronne dengan sapi Durham. Ketiga induk ini sekarang telah punah.

Karena hasil susunya yang berkualitas tinggi, sapi ini banyak didatangkan ke berbagai belahan bumi. Hingga kini, Normande menjadi salah satu jenis sapi penghasil susu kelas dunia. Tidak hanya menghasilkan susu berkualitas, sapi ini juga menghasilkan susu dalam jumlah melimpah yaitu mencapai 6500 liter per tahunnya.

Ciri-ciri Sapi Normande

Sapi Normande memiliki ciri unik yang membuatnya mudah dikenali. Salah satunya adalah warna kulit yang menyerupai anjing dalmations. Berikut ini ciri tubuh Normande lebih lengkap, yaitu :

1. Warna Tubuh

Sapi ini mempunyai tubuh berwarna putih dengan bintik-bintik merah, hitam ataupun pirang. Bagian kepalanya seringkali berwarna putih. Pada bagian matanya, dikelilingi oleh warna gelap sehingga nampak seperti kacamata. Moncongnya pun berwarna gelap.

2. Bentuk dan Ukuran Tubuh

Tubuh sapi ini cukup besar, kompak dan kokoh. Sapi ini tidak memiliki punuk dan gelambir. Telinganya berukuran sedang dengan kepala pendek. Leher Normande bisa dikatakan cukup panjang.

Kaki-kakinya agak panjang dan tidak diselimuti daging. Pada Normande jantan, berat badannya mencapai 1100 kg, sedangkan betinanya bisa berbobot 800 kg. Sapi ini khas sekali dengan karakter sapi perah.

3. Watak

Normande merupakan jenis sapi yang cukup tenang, jinak dan tidak mudah temperamental. Mereka mampu beradaptasi dengan berbagai lingkugan baru. Mereka juga memiliki ketahanan tubuh yang baik dari cuaca berbeda-beda.

Sebagai sapi perah, Normande cukup familiar dengan alat pemerah susu mekanis. Saat susunya diperah, sapi-sapi ini tidak banyak bergerak dan mudah beradaptasi. Inilah sebabnya banyak peternak sapi perah memilih untuk memeliharanya.

4. Usia

Normande memiliki umur yang panjang. Sapi ini biasanya akan digembalakan dengan bebas di daerah asalnya yaitu di padang rumput Normandia. Penggembalaan bebas ini membuat mental sapi-sapi ini lebih kuat dan lebih baik dari pada penjagaan dalam kandang. Inilah salah satu sebabnya, Normande bisa berusia panjang.

5. Hasil Ternak

Pada dasarnya, Normande dipelihara untuk diambil susunya saja. Hasil susu dari induk sapi sangat melimpah ruah dalam tahun-tahun terbaiknya. Susu sapi yang dihasilkan bisa mencapai lebih dari 6500 liter setiap tahunnya.

Kandungan susu sapi Normande sangat bagus. Susunya mengandung 3,6 % protein dan 4,4 % lemak. Kandungan ini sangat baik untuk bahan dasar pembuatan mentega dan keju.

Selain susu, Normande juga merupakan jenis sapi dengan kualitas daging yang enak. Dagingnya empuk karena dilapisi lemak yang cukup tebal. Karena itu, sapi ini juga bisa dijadikan sebagai ternakan sapi pedaging.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai sapi Normande yang perlu Anda ketahui. Sapi asal Perancis ini memang tidak diragukan lagi kualitas susunya. Banyak produk keju dan mentega di dunia yang disupply oleh hasil susu sapi ini.

Leave a Reply

0
Scroll to Top