Jadi Pakan Favorit, Ternyata ini Keunggulan Rumput Odot

Rumput memang bisa menjadi gulma, namun bagi binatang herbivora menjadi salah satu makanan pokok. Ada banyak jenis rumput yang bisa dijadikan pangan, mulai dari pakchong, rumput gajah, odot, dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis yang telah disebutkan, odot dianggap paling banyak menguntungkan untuk pakan ternak. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk simak keunggulan rumput odot.

keunggulan rumput odot star farm

4 Kelebihan Rumput Odot

Ada beberapa kelebihan rumput odot yang bisa Anda simak sebagai referensi sebelum menjadikannya pakan hijauan, antara lain:

1. Protein Melimpah

Dibandingkan dengan jenis lain yang sering dijadikan sebagai pakan hijauan, tanaman ini menjadi pilihan terbaik. Salah satu keunggulan rumput odot yaitu memiliki kadar protein sekitar 11 persen, sedangkan jenis lainnya hanya 6-8 persen saja. Protein sendiri baik untuk hewan ternak Anda karena akan mempercepat penambahan berat badan.

2. Tekstur Lembut

Batangnya tergolong lembut hingga ujung, sehingga sangat direkomendasikan untuk hewan ternak yang masih kecil. Dengan tekstur lembut, maka hewan ternak Anda akan lebih mudah dalam mengonsumsinya. Tak hanya itu, daunnya juga halus dan tidak berbulu gatal. Jadi, rumput ini sangat direkomendasikan sebagai pakan ternak.

3. Cepat Tumbuh

Tanaman ini memiliki kecepatan dalam bertumbuh cukup signifikan. Setelah dipanen, jenis tanaman satu ini bahkan mulai bersemi pada dua hari berikutnya. Apalagi jika Anda memberikan pupuk organik dan menyiram secara rutin, maka pertumbuhannya akan semakin cepat.

4. Perawatan Mudah

Anda tidak perlu melakukan berbagai macam cara perawatan karena tanaman ini dapat melawan gulma dengan sendirinya. Anda hanya perlu memberikan pupuk organik sesekali.

Perlu diingat, jangan pernah mengganti pupuk alami dengan pestisida karena bisa menjadi racun untuk hewan ternak. Kemudian, hal yang perlu Anda waspadai ialah menghindarkan tanaman ini dari jangkauan hewan-hewan pemakan rumput.

Demikianlah beberapa keunggulan rumput odot yang bisa Anda ketahui sebelum menjadikannya pakan ternak. Bagaimana pun, jenis tanaman ini menjadi salah satu jenis pakan hijau terbaik dari jenis lainnya. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online