Cocok untuk Pemula, Begini Cara Menanam Pohon Durian dalam Pot

Ingin menanam durian tapi tak punya lahan luas? Yuk belajar cara menanam pohon durian dalam pot.

Durian menjadi salah satu buah potensial secara ekonomis karena memiliki banyak penggemar. Tak hanya itu, buah berduri yang satu ini juga bisa diolah menjadi berbagai kudapan dan minuman. Rasanya yang nikmat dan mudah diolah membuat durian menjadi salah satu buah yang terkadang dibandrol cukup mahal.

Apabila Anda ingin menjadikan durian sebagai salah satu pendapatan, maka Anda harus mempelajari terlebih dahulu cara budidayanya. Sebagai pemula, yuk belajar cara menanam pohon durian menggunakan pot!

Cara Menanam Pohon Durian dalam Pot yang Benar

Cara menanam pohon durian dalam pot menjadi salah satu metode penanaman yang mudah bagi pemula, yuk simak!

1. Pembibitan

Pada tahap awal, perhatikan proses pembibitan. Bibit durian harus mengalami proses pembibitan untuk memperkuat akarnya. Caranya mudah, masukan tanah yang dicampur pupuk dengan perbandingan 1:1 ke dalam karung. Kemudian masukkan juga bibit tanaman ke dalam karung, pastikan bibit tertanam sempurna dalam tanah.

2. Lahan Pembibitan

Meskipun akan dipindahkan ke pot, Anda harus memiliki lahan untuk pembibitan dengan cara menggali tanah dengan tambahan fosfor dan TSP masing-masing 2 gr. Masukkan karung yang berisi bibit dalam tanah yang sudah digali dan benamkan karung dengan tanah. Lakukan pemupukan pada 4 bulan pertama dan 3 bulan berikutnya.

3. Pemindahan dalam Pot

Saat bibit yang ditanam dalam karung sudah mencapai usia 8 bulan, maka pohon yang kecil bisa Anda pindahkan ke dalam pot. Sebelum memasukkan bibit yang sudah dicabut dari lahan pembibitan, Anda harus menyiapkan media penanaman.

Siapkan tanah dan campuran kompos dengan perbandingan 1:1, kemudian tambahkan jerami untuk mempermudah penyerapan dan drainase. Pindahkan tanaman beserta karungnya pada pot lalu tanam dengan benar.

4. Penyiraman Perangsang Akar

Cara menanam tanaman ini juga perlu memperhatikan proses penyiraman. Penyiraman dengan campuran perangsang akar perlu dilakukan untuk merangsang pertumbuhan akar lebih besar lagi pada pohon durian. Lakukan penyiraman selama 7 hari berturut-turut pada minggu pertama pohon dipindahkan pada wadah pot.

Anda bisa mencampurkan 25 ml perangsang akar dengan 10 liter air untuk menyiram tanaman setiap harinya. Setelah itu lakukan perawatan biasa seperti penyiraman rutin hingga pemupukan berkala.

Beberapa cara menanam pohon durian dalam pot di atas bisa Anda praktekkan sendiri dengan mudah. Jangan lupa untuk terus memerhatikan pertumbuhan tanaman secara seksama. Selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top