Yuk Ketahui Lalapan yang Berkhasiat Tinggi dan Kenali Macam-macamnya

Apa bedanya lalapan dengan salad?. Wah sudah pasti sangat berbeda,meskipun masih sama-sama terdiri dari sayur-sayuran yang segar dan mentah. Salad sangat populer di barat yang biasanya terdiri dari kol ungu, tomat merah, wortel, selada mentimun dan sebagainnya. Cara memakannya biasanya dicampurkan dengan saus khusus. Sedangkan lalapan biasanya dimakan secara langsung Bersama nasi dan sambal. Pada makanan sunda lalapan merupakan hal yang wajib ada, karena merupakan salah satu ciri khasnya.

Ada banyak sekali lalapan yang sering di jumpai pada masakan-masakan sunda yang biasanya berupa daun-daunan, mentimun ataupun terong-terongan. Memakan sayuran segar juga sangat banyak manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan. Berikut ini ada macam-macam lalapan beserta khasianya .

Daun-daunan

Daun-daunan merupakan lalapan yang paling banyak dijumpai. Karena banyak sekali dedaunan yang bisa dijadikan lalap seperti daun kemangi , selada, pohpohan,dan masih banyak lagi.

kemangi adalah daun yang mempunya bau yang khas, daun ini sering dijadikan pelengkap makanan ataupun menjadi pengharum masakan. daun kemangi dapat menghilangkan bau mulut dan juga dapat menghilangkan bau badan. Selain itu daun kemangi juga dapat mengobati sakit ternggorokan dan meredakan demam berdarah. Daun kemangi memiliki bentuk daun yang kecil, dan sangat enak jika memakannya dengan sambal.

Daun selada mengandung kalsium, mineral, fosfor,  iodium dan juga vitamin A sehingga dapat menjaga keseimbangan tubuh. selada biasa dijadikan salad, namun sering juga untuk dijadikan lalap. ada beberapa manfaat yang dikandung seperti dapat menjaga kesehatan kulit dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selada juga banyak dimakan oleh orang-orang yang sedang menjalani diet karena dapat memperbaiki pencernaan.

Image Via Tanikuto.com

Mungkin tidak semua orang pernah memakan daun pohpohan. Namun dalam dunia lalapan pohpohan menjadi salah satu daun yang cukup enak untuk dilalap. Pohpohan Memiliki bentuk daun yang mirip seperti daun sirih.

Saat memakannya aroma mentol yang keluar dari daun akan membuat semakin nikmat. Pohpohan dapat mencegah dehidrasi, mengontrol tekanan darah, dan juga dapat mencegaj kulit kering. jika belum memakannya ayo segera coba. Selain daun-daunan tadi masih banyak daun lain seperti daun pegagan, kenikir, daun jambu mete, bahkan daun pepaya yang khasitnya tidak kalah banyak.

Mentimun

Image via Shoppe.co.id

Selain daun-daunan, mentimun menjadi lalapan yang sangat sering dijumpai karena hampir disukai oleh banyak orang. Dari setiap sajian mentimun tidak pernah absen dihadirkan. Rasanya yang tawar dan segar menjadikan mentimun cocok untuk pendamping memakan nasi dengan sambal.

Kadar air dalam mentimun juga tinggi yaitu sekitar 95%. Banyak sekali fungsi dari mentimun salah satunya yaitu dapat  mengontrol kadar gula dan menurunkan kolesterol. Mudah didapat dan harga terjangkau menjadikan mentimun salah satu lalapan favorit.

Terong

Image Via Blog.sayurbox.com

Terong juga menjadi salah satu lalapan yang sering dimakan. Banyak sekali jenis terong yang ada di Indonesia seperti terong ungu,terong hijau, terong telunjuk, terong putih dan sebagainya. Akan tetapi yang banyak menjadikana lalap biasanya terong hijau yang dikenal juga dengan terong lalap. Ada banyak kandungan yang terdapat dalam terong seperti vitamin A, vitamin E, Vitamin K, dan mineral. Mengonsumsi terong dengan cara di lalap juga dapat menjaga kesehatan jantung loh.

Lalapan tadi bisa kamu coba sendiri di rumah. pastikan tersedia nasi hangat dan sambal agar makan semakin nikmat. Setelanya kamu pasti akan mendapatkan beberapa manfaat yang dikandung lalapan tersebut. Selamat menikmati.

Leave a Reply

0
Scroll to Top