Kambing Gaddi, Kambing Berbulu Panjang dari India

Satu lagi jenis kambing berbulu lebat yang menarik untuk dikupas. Kambing Gaddi adalah kambing yang berasal dari daerah India dan Pakistan.

Kambing ini banyak ditemui di daerah bagian utara India. Gaddi adalah kambing yang unik karena bulunya yang panjang bahkan sampai menutupi muka. Kambing yang juga dikenal dengan nama Himachal Pardesh ini diternakkan untuk diambil susu, daging dan bulunya.

Asal-usul Kambing Gaddi

Bibit kambing dari India memang diakui menjadi salah satu kontributor terbesar terhadap total populasi kambing di dunia. India menempati posisi kedua sebagai penyumbang populasi kambing yang ditemukan di Asia dan Afrika.

Salah satu jenis kambing terbaik negara ini adalah kambing Gaddi. Selain Himachal Pardesh, kambing ini juga dikenal dengan kambing Himalaya Putih. Ini adalah sejenis kambing yang dominan di daerah dataran tinggi Himalaya.

Kambing Himalaya putih ini dipelihara oleh suku tradisional bernama Ghad. Kambing ini dianggap sebagai rekan yang bisa diajak berpindah tempat. Kegiatan berpindah tempat ini lazim dilakukan oleh para penggembala sejak lama.

Namun kini, Gaddi dipelihara dan dirawat dalam sistem peternakan yang tetap. Mendapatkan tempat berlindung dan bernaung dari iklim yang ekstrem.

Ciri dan Karakteristik Kambing Gaddi

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kambing Gaddi yang menarik. Diantaranya adalah :

1. Ukuran Sedang

Kambing ini memiliki ukuran tubuh yang sedang. Tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil. Tinggi tubuhnya rata-rata sekitar 60 – 70 cm. Gaddi dewasa memiliki bobot antara 55 – 70 kg.

2. Memiliki Bulu yang Indah

Gaddi merupakan salah satu jenis kambing yang dianugerahi bulu panjang dan indah. Warna bulu Gaddi biasanya putih, meskipun beberapa diantaranya memiliki tanda hitam atau coklat. Bulu ini cukup lebat dan panjang. Bulu Gaddi termasuk sebagai salah satu komoditas unggulan.

Satu ekor Gaddi mampu menghasilkan 0,5 sampai 1 kg per ekor. Panjang bulunya bisa mencapai 17 sampai 25 cm. Ini membuktikan bahwa kambing gurun Himalaya putih bukan Cuma menghasilkan daging saja. Namun bulunya pun sangat bernilai.

3. Tanduk yang Menarik

Tidak hanya bulunya saja, kambing ini juga memiliki daya tarik lain yaitu dari tanduknya. Tanduk Gaddi sangat unik karena berbentuk spiral serta letaknya pun tidak biasa.

Jika tanduk kambing lain berdiri menjulang atau melengkung ke belakang, maka tanduk Gaddi menjulang ke samping. Tanduk Gaddi terdapat pada kedua jenis kelamin, baik jantan ataupun betina.

Telinga kambing ini berukuran panjang namun bentuknya terkulai. Pada bagian muka, garis hidungnya nampak cembung. Kambing ini memiliki bentuk mata unik yang nampak seperti tersenyum saat mereka menutupnya.

4. Habitat Hidup

Kambing berbulu panjang ini banyak ditemukan di daerah pegunungan. Mereka sering terlihat berjalan di sepanjang atau di atas bebatuan. Beberapa dari kambing ini berlindung di antara bebatuan jika dirasakan panas matahari terlalu terik.

5. Populasi

Meskipun dianggap sebagai hewan yang bernilai tinggi, populasi Gaddi tidak terlalu baik. Karena itu, Pemerintah Pakistan mulai menggalakkan peningkatan populasi hewan ini dengan berbagai macam cara.

Salah satu caranya adalah melakukan pemeliharaan secara terstandar dengan membiakkan kambing jenis Gaddi dalam satu tempat. Menciptakan sebuah peternakan untuk mendukung perkembangbiakan kambing ini lebih jauh.

Kambing Gaddi memang menarik untuk dipelihara. Terkadang, hewan ini bukan dijadikan hewan ternak, namun lebih kepada hewan peliharaan karena keindahan bulunya. Meskipun demikian, kambing berbulu lebat ini dapat menghasilkan daging yang enak dan berkualitas.

Leave a Reply

0
Scroll to Top