Kambing Boer, Kambing Pedaging asal Afrika yang Populer

Kambing Boer adalah salah satu jenis kambing import yang berasal dari Afrika Selatan. Kambing ini mulai dikembangkan di tanah air karena dinilai cukup menguntungkan. Hewan ini cukup menarik perhatian peternak di Indonesia. Itu karena presentasi hasil dagingnya yang lebih banyak dibandingkan jenis kambing Jawa lokal. Itulah mengapa jumlah peternak kambing asal Afrika ini semakin meningkat setiap tahunnya. Penasaran tentang jenis kambing yang satu ini? Silahkan simak lebih lanjut.

Ciri-ciri Kambing Boer

Kambing Boer secara sekilas memang nampak berbeda dengan jenis kambing lokal Nusantara. Kambing ini memiliki ciri khusus yaitu :

1. Warna Bulu

Di Indonesia, banyak kambing dengan warna-warna coklat dan hitam ataupun corak warna tertentu. Akan tetapi, jenis Boer memiliki warna yang hampir keseluruhan tubuhnya adalah putih. Hanya di bagian leher dan kepala saja yang berwarna coklat.

Ada juga jenis Boer yang berwarna coklat tua polos, namun yang lebih mendominasi adalah Boer berwarna putih dengan corak coklat atau coklat kemerahan. Dahi kambing ini sangat unik karena memiliki garis berwarna putih.

2. Postur Tubuh

Kambing jenis Boer mempunyai bentuk yang sedikit menarik karena badannya melebar ke samping seperti kambing gemuk. Postur tubuh inilah yang menyebabkan komposisi dagingnya cukup banyak dan melimpah.

Tinggi kambing ini tidak melebihi 70 cm dan rata-rata hanya berkisar antara 50 sampai 60 cm. Uniknya, kambing ini mampu tumbuh dengan cepat dan mencapai berat hingga 35 – 45 kg dalam waktu singkat. Pertambahan bobotnya bisa mencapai 0,04 kg per hari.

Meskipun pendek, kambing ini memiliki tubuh yang cukup panjang. Kakinya pendek namun nampak kokoh. Telinganya panjang menggantung dan umumnya berwarna coklat seperti sebagian kepalanya.

Warna coklat ini berfungsi untuk melindungi kambing dari kanker karena jenis kambing ini sangat suka sekali berjemur. Mereka suka berjemur di siang hari dan terkena sengatan sinar matahari secara langsung.

Kelebihan Kambing Boer

Kambing Boer memiliki banyak sekali kelebihan yang membuat para peternak memilih untuk memeliharanya. Diantaranya adalah :

1. Pertumbuhan Cepat

Banyak peternak yang memilih kambing ini karena pertumbuhan mereka yang bisa dibilang cukup cepat. Mereka bisa tumbuh dan mencapai berat 35 kg hanya dalam waktu 6 bulan saja. Ini berbeda dengan jenis kambing lain yang memerlukan waktu lebih panjang.

Kambing betina Boer mampu melahirkan anak sebanyak 1 – 4 anak per kelahiran. Mereka bahkan bisa melahirkan hingga 3 kali dalam 2 tahun. Cepatnya proses perkembangbiakan inilah yang menjadi daya tarik kambing ini.

2. Penghasil Daging Berkualitas

Kambing Boer merupakan kambing yang mampu menghasilkan daging berkualitas tinggi. Prosentase karkasnya cukup tinggi dari keseluruhan berat badannya. Dagingnya pun cukup lembut, lezat dan bertekstur.

3. Mampu Beradaptasi dengan Baik

Boer memiliki kemampuan dan daya tahan hidup yang sangat baik. Mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dengan mudah. Mereka bisa menerima cuaca panas dan dingin terlepas dari kondisi habitat aslinya di Afrika Selatan.

4. Tahan terhadap Penyakit

Dengan pemberian pakan yang baik dan berkualitas, kambing ini akan mampu tumbuh dengan baik dan tahan terhadap berbagai jenis penyakit. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pakan berkualitas yang kaya akan protein dan serat.

Demikianlah beberapa ringkasan mengenai ciri-ciri dan kelebihan kambing Boer yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang berminat untuk memelihara jenis kambing ini, pastikan untuk mendapat indukan berkualitas. Semakin baik induknya, semakin baik pula hasil keturunannya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top