Jenis Bunga Mawar Cantik yang Cocok untuk Menghiasi Taman Rumah

Keberadaan taman rumah memberikan nuansa yang lebih segar bagi setiap penghuni. Apalagi, kalau kamu menempatkan tanaman bunga yang cantik di sana. Kamu dapat menjumpai berbagai jenis tanaman bunga. Salah satunya adalah bunga mawar. Tidak hanya mempunyai bentuk yang cantik, ada pula berbagai jenis bunga mawar yang punya keunikannya tersendiri.

Secara keseluruhan, kamu akan mendapati ada sangat banyak jenis bunga mawar yang tersebar di seluruh dunia. Biasanya, tanaman ini memiliki bentuk semak belukar yang bisa tumbuh mencapai ketinggian antara 2 sampai 5 meter. Selain itu, ada pula tanaman bunga mawar yang tumbuh dengan cara merambat dan memiliki panjang mencapai 20 meter.

Lalu, jenis tanaman bunga mawar seperti apa yang cocok untuk ditanam di taman rumah kamu? Secara umum, terdapat 3 kategori utama dari tanaman bunga mawar, yaitu:

1. Wild Rose

jenis bunga mawar
Sumber: Pixabay

Tipe bunga mawar yang pertama adalah wild rose. Bunga yang termasuk dalam kategori ini adalah bunga-bunga yang belum mengalami hibridisasi. Mereka dapat tumbuh di alam liar dan punya tingkat ketahanan tinggi. Jenis-jenis bunga yang termasuk dalam kategori ini sangat banyak, bahkan kerap terlihat mirip satu sama lain. Namun, kalau diperhatikan lebih lanjut, setiap spesies bakal punya karakteristik khusus tersendiri

2. Old Garden Rose

jenis bunga mawar
Sumber: SRQ Magazine

Jenis bunga mawar yang selanjutnya adalah kategori old garden rose atau biasa pula disebut heritage rose. Bunga-bunga dalam kelompok ini merupakan bunga tradisional yang sudah ada sebelum keberadaan hybrid tea rose pada 1867. Kelebihan bunga old garden rose adalah ketahanannya terhadap cuaca dingin, serangan penyakit dan daun bunga yang banyak. Hanya saja, bunga ini biasanya hanya berbunga sekali tiap tahun.

Beberapa bunga yang termasuk dalam kategori old garden rose di antaranya adalah:

  • Alba rose. Bunga mawar ini termasuk sebagai bunga yang punya tingkat ketahanan tinggi dan tidak perlu perawatan spesial. Ciri khasnya bisa kamu temukan pada bentuk daun bunga yang berwana putih atau pink pucat.
  • Bourbon rose. Ada pula jenis bunga mawar bourbon roses. Bunga ini punya warna yang menarik, seperti merah, putih, dan pink. Bentuknya juga menarik dan biasanya batang dari tanaman ini tidak terlalu berduri.
  • Centifolia rose. Bunga ini kerap disebut dengan mawar kubis. alasannya karena di dalamnya terdapat daun bunga yang sangat banyak dan terlihat mirip seperti kubis. Bunga ini punya bau yang harum dan bisa ditemukan dalam warna putih atau pink.

3. Modern Garden Rose

jenis bunga mawar
Sumber: Bless My Weed

Terakhir, kamu dapat menemukan kategori bunga mawar modern garden rose. Bunga mawar yang ada dalam kelompok ini merupakan varietas yang dikembangkan setelah tahun 1867. Mawar yang termasuk dalam kategori ini dapat berbunga secara rutin dengan ukuran daun bunga yang besar. Hanya saja, bunga ini tidak terlalu harum dan rentan serangan hama.

Beberapa jenis tanaman bunga mawar yang termasuk dalam kategori modern garden rose di antaranya adalah:

  • Climbing rose. Tanaman mawar ini memiliki ciri khas tumbuh dengan cara merambat, baik di dinding atau pagar. Selain itu, climbing rose bisa menghasilkan bunga lebih banyak kalau ditumbuhkan secara horizontal dibandingkan vertikal.
  • Floribunda rose. Bunga mawar yang satu ini merupakan perpaduan antara hybrid tea dan Polyantha roses. Kamu bisa menemukan floribunda rose dengan bunga yang berwarna putih, ungu, pink, kuning, atau oranye.
  • Grouncover rose. Kalau ingin mencari bunga mawar yang gampang dirawat, pilihannya adalah grouncover rose. Bunga dari tanaman ini mempunyai warna dan bentuk yang menarik. Selain itu, bunganya juga wangi.

Nah, itulah pilihan jenis bunga mawar yang bisa kamu tanam di taman rumah. Semoga bermanfaat, ya.

(Baihaki/Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top