fbpx

9 Jenis Ayam Kalkun, Si Hewan Berbulu Cantik

Jenis ayam kalkun ada beragam, yuk simak apa saja jenisnya.

Pernahkah anda melihat perayaan thanksgiving di luar negeri? Salah satu menu yang dihidangkan ada ayam sangat besar. Itulah turkey di dalam bahasa Inggris. Di Indonesia orang-orang mengenalnya kalkun.

Meskipun dalam bahasa Inggris dinamakan turkey, namun asal muasalnya bukan dari Turki melainkan Amerika. Suaranya sangat khas. Bentuk tubuhnya besar dan bulunya mengembang pada bagian pantat serta paha. Selain itu, ayam belanda ini mempunyai gelambir dan kaki panjang. Tidak hanya satu variasi, tetapi terdapat berbagai jenis ayam kalkun.

Macam-Macam Ayam Kalkun

Tidak hanya jenis ayam pada umumnya yang dijadikan bisnis. Kalkun pun banyak diminati masyarakat untuk dibudidaya. Nilai jualnya sangat mahal. Peternak unggas ini memperoleh untung banyak dalam melakukan jual beli ini. Apabila anda tertarik berwirausaha atau hanya ingin sekedar memeliharanya, kenali dulu jenis ayam kalkun.

1. Bronze

Banyak orang Indonesia lebih mengenal unggas jenis ini. Rasa daging hewan ini sangat lezat. Maka dari itu penyuka daging kalkun suka mengkonsumsinya. Harganya pun ramah di kantong. Bulunya berwarna coklat kehitaman dan putih.

2. Black spanish

Biasa dipanggil balck turkey atau kalkun hitam. Nilai jualnya tergolong paling mahal. Mayoritas pecinta turkey memeliharanya hanya sebagai hewan hias. Kemungkinan karena corak hewan ini elegan. Keseluruhan bulunya berwarna hitam. Bagian kepala berwarna merah. Keren kan hanya ada dua warna. Perpaduan yang sangat cantik.

3. Bourbon Red

Pantas saja burung ini dinamakan bourbon red, karena warna merahnya sangat elok. Dominan bulu di tubuhnya berwarna coklat. Di bagian sayapnya itu putih dan coklat. Warna ekornya putih dan sedikit coklat. Dari seluruh ras ayam kalkun, daging jenis ini paling lezat. Sehingga kebanyakan orang suka untuk menyatapnya.

4. Golden palm

Kalkun tipe ini mempunyai banyak corak warna. Pada bulunya ada warna coklat, hitam, dan putih. Hal yang paling indah adalah di bagian kepalanya. Terdapat campuran warna biru dan merah yang saling berdekatan.

5. Royal palm

Jarang orang memakan daging jenis ayam kalkun ini. Para kolektor lebih memilih sebagai hiasan di rumah. Hewan ini juga ditampilkan pada ajang pameran. Coraknya putih dan sedikit hitam di ujung-ujung bulunya.

6. Self buff

Paduan warna coklat dan merah. Di ekornya berwarna coklat muda. Orang Indonesia masih jarang memelihara kalkun ini.

7. White holland

Dari berbagai ras lainnya, bulu meleagris gallopavo ini hanya memiliki warna putih di tubuhnya. Nama holland bukan berarti berhubungan dengan Belanda. Akan tetapi adanya kawin silang kalkun Eropa dengan unggas aslinya di Amerika Utara. Ternyata ayam ini jenis kalkun domestik yang tua.

8. Narragansett

Bulunya berwarna hitam berpadu putih di bagian tubuhnya. Pada ekornya ada tiga macam warna. Coraknya ada putih, coklat, dan hitam. Coklat menjadi warna dominan di ekornya. Ketika sedang mengembang terlihat seperti kipas tangan. Unggas ini berasal dari Amerika Serikat tepatnya di Rhode Island.

9. Brush turkey

Bagian paling menari dari kalkun semak ini adalah kepala. Lehernya berwarna kuning berpadu merah di kepalanya, dan ada sedikit warna hitam di atas kepala. Seluruh tubuhnya bercorak hitam. Mereka hidup di semak-semak kering. Kehidupannya menyebar di beberapa wilayah Australia.

10. Midget White

Terlihat sama dengan white holland, namun unggas ini ada tanda warna hitam sedikit di bagian dadanya. Meskipun termasuk spesies jenis baru, hewan ini termasuk populer di kalangan masyarakat. Karena dagingnya cukup lezat disantap. Ternyata binatang ini hasil dari kawin silang antara broad breasted dan royal palm.

11. Broad Breasted

Dibanding dengan jenis kalkun lainnya, unggas ini tergolong mudah terkena penyakit. Dalam melakukan reproduksi, manusia harus membuat inseminasi (masuknya sperma ke dalam saluraan genitalia betina) buatan.

Rasa dagingnya pun kurang sedap dikonsumsi. Kalkun ini memiliki dua variasi white dan bronze. Berdasarkan namanya yang white berbulu putih sedangkan bronze coklat seperti perunggu.

12. Wild Turkey

Kalkun yang berbulu coklat ini sudah menyebar ke beberapa wilayah. Dahulu kalkun ini masih bagian spesies domestik di Meksiko. Ciri-cirinya kakinya panjang memiliki corak kuning kemerahan atau hijau abu-abu.

Anda akan mudah membedakan jenis ayam kalkun berdasarkan bulunya. Rata-rata variasi unggas ini kepala dan gelambirnya berwarna merah. Berat badan kalkun jantan lebih berat daripada betina. Spesies burung ini harus menempati kandang yang luas. Jika tidak, maka bisa mengalami stress. Terlebih lagi bulunya yang mempesona bisa rontok.

Leave a Reply

0
Scroll to Top