fbpx

Bagaimana Cara Memandikan Marmut Yang Benar

Punya marmut di rumah? Yuk ketahui cara memandikan marmut yang benar.

Memelihara hewan tidaklah mudah, mulai dari memberi makan yang benar, membersihkan kandang sampai memandikannya harus mengikuti langkah-langkah yang benar. Salah satu hewan yang sering dijadikan peliharaan adalah marmut atau guinea pig.

Marmut adalah hewan pemakan rumput atau wortel yang sangat menggemaskan, memiliki bulu halus dan gigi yang unik yang menambah daya tarik pada dirinya. Selain pemakan rumput, binatang ini juga bisa diberi makan pelet atau sejenis makanan hewan lain.

Cara merawat marmut pun tidak sulit, sama halnya seperti merawat hewan peliharaan pada umumnya. Untuk menjaga kesehatannya hal terpenting yaitu memandikan marmut secara teratur, minimal satu minggu satu kali.

Mempersiapkan Peralatan Mandi Untuk Marmut

Langkah-langkah yang harus dipersiapkan saat akan memandikan marmut adalah menyiapkan peralatan mandi terlebih dahulu, seperti:

  • Ember
  • Air hangat secukupnya
  • Handuk
  • Shampoo khusus hewan
  • Hair dryer
  • Sisir

Cara Memandikan Marmut yang Baik

Setelah peralatan mandi selesai disiapkan, hal selanjutnya yang dilakukan adalah mulai memandikannya. Bagi kebanyakan orang, memandikan marmut adalah salah satu rumit karena takut bulu marmut akan jadi rontok. Namun, berikut adalah cara memandikan marmut yang benar agar rambutnya tetap halus, bersih dan tidak rontok.

1. Basahi tubuhnya

Langkah pertama yang dilakukan adalah membasuh bulu marmut menggunakan air hangat dengan lembut. Hal ini dilakukan agar dia merasa tenang dan tidak merasa sakit.

2. Tuangkan air

Selanjutnya, tuangkan air sedikit-demi sedikit ke area badan marmut dengan gayung kecil. Jangan sampai menuangkan air ke area wajah dan telinga dengan kasar. Sebab, hal tersebut bisa membuat binatang ini panik dan akan melompat menghindar.

3. Diberi shampoo

Tuangkan shampoo ke bagian badan, kemudian gosok secara perlahan hingga muncul busa halus. Lakukan pijatan-pijatan kecil di area badannya agar lebih tenang. Supaya lebih bersih bisa dilakukan dengan memakai spon mandi yang halus dan dibelai bulu-bulunya untuk menghilangkan kutu atau pun pasir yang ada di bulu marmut.

4. Bersihkan seluruh area tubuh

Jangan lupa untuk membersihkan bagian telapak kaki, karena bagian kaki merupakan area yang bersentuhan langsung dengan tanah atau lantai sehingga akan lebih kotor dari bagian tubuh yang lainnya.

5. Bilas busa

Setelah digosok dengan rata, bilaslah dengan menggunakan air hangat secara pelan sambil dibelai bulunya agar kotoran dapat terbilas oleh air seluruhnya. Lakukan berulang kali sampai busa tidak tertinggal di badan marmut.

6. Mengeringkan bulu

Setelah bersih dari busa, angkat marmut dari ember dan balutlah dengan handuk. Usap bulu hewan pengerat ini dengan halus jangan sampai bulunya rontok. Untuk mengeringkan bulunya, gunakanlah hair dryer dengan menyetel pada suhu panas terendah.

Tujuannya ialah agar tidak terlalu panas sehingga bulu tidak rusak dan tetap lembut. Lakukan pengeringan secara menyeluruh agar bulunya kering merata.

7. Merapikan bulu

Setelah bulunya kering, kemudian sisir. Lakukan dengan halus jangan sampai rontok. Gunakan sisir kecil yang halus untuk menghindari kerontokan pada bulu marmut.

Setelah semuanya beres, kembalikan marmut ke dalam kandang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Langkah di atas merupakan tips cara memandikan marmut yang baik dan benar. Cocok dipraktekan bagi Anda yang mempunyai marmut di rumah. Dijamin marmut peliharaan Anda akan bersih dan lembut bulunya. Pasti Anda akan semakin gemas dengan binatang ini.

Leave a Reply

0
Scroll to Top