Inilah Bahan Alami Pengusir Lalat yang Ampuh, Dijamin Lalat Kabur Tak Tersisa

Lalat adalah hewan yang menjijikkan. Bila hinggap di makanan, bisa saja hal ini menyebabkan sakit perut. Banyak orang yang resah akan kehadiran lalat yang banyak. Mengusir lalat menggunakan bahan kimia bukanlah solusi yang baik. Memang benar lalat pergi, namun celakanya makanan menjadi terkontaminasi bahan kimia tersebut. Lalu, bagaimana cara mengusir lalat yang ampuh? Anda bisa menggunakan bahan alami pengusir lalat tanpa bahan kimia. Lalat bisa kabur seketika dan Anda tak perlu khawatir akan efek sampingnya. 

Jenis Obat Pembasmi Lalat dari Bahan Alami yang Efektif

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengusir lalat di rumah. Selain bermanfaat sebagai pengusir lalat, bahan-bahan alami ini akan membuat rumah menjadi wangi dan segar. Apa saja bahan alami pengusir lalat yang bisa digunakan?

 

  1. Minyak Lavender

Umumnya, minyak lavender digunakan sebagai minyak aroma terapi. Selain manfaat tersebut, minyak ini bisa digunakan untuk mengusir serangga, termasuk lalat. Untuk menggunakan minyak lavender sebagai pengusir lalat, caranya mudah. Pertama-tama, sediakan spons atau kain bersih. Kemudian, celupkan spons atau kain tersebut pada minyak lavender. Taruh spons atau kain ini pada area di mana lalat biasanya hinggap. 

 

  1. Daun Mint 

Cara menghilangkan lalat di rumah secara alami ialah menggunakan daun mint. Daun mint ini memiliki bau yang tidak disukai oleh lalat. Cara menggunakannya ialah haluskan daun mint secukupnya dengan air menggunakan blender. Tunggu beberapa saat hingga ekstrak daun mint mengendap. Kemudian, masukkan air larutan daun mint ini pada botol semprot. Semprotkan larutan ini pada area rumah yang biasanya dihinggapi lalat. 

 

  1. Batang Sereh 

Biasanya, batang sereh digunakan sebagai bumbu rempah-rempah untuk mengolah berbagai macam hidangan. Selain bisa digunakan sebagai bumbu masak, serah bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengusir lalat tanpa bahan kimia yang cukup efektif. Aroma dari sereh tidak disukai oleh lalat. Anda bisa membuat larutan sereh yang kemudian di semprotkan ke area tempat lalat hinggap. Cara membuat larutan ini ialah cuci bersih batang serah secukupnya, kemudian potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam blender dan tuang air secukupnya. Haluskan batang sereh. Biarkan selama kurang lebih 12 jam supaya ekstrak sereh mengendap. Kemudian, ambil airnya dan masukkan ke dalam botol semprot.

 

  1. Cengkeh dan Lemon 

Bagi manusia, aroma cengkeh sangat harum. Akan tetapi, lalat tidak menyukainya. Justru lalat akan menjauh apabila terdapat bau cengkeh. Hal inilah yang membuat cengkeh menjadi bahan pengusir lalat alami paling ampuh dan efektif, terlebih jika dicampur dengan lemon. Cara menggunakannya ialah siapkan 1 buah lemon, kemudian iris menjadi dua bagian. Selanjutnya, letakkan beberapa butir cengkeh ke atas lemon. Bila ingin aromanya lebih menyengat, Anda bisa mencampur lemon dan cengkeh kemudian taruh di dalam wadah. Letakkan wadah tersebut pada tempat di mana terdapat banyak lalat.

 

Anda bisa menggunakan salah satu bahan alami pengusir lalat di atas untuk membasmi lalat di rumah. Selain aman karena tanpa kandungan bahan kimia, Anda bisa berhemat karena bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan simpel.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *