Benarkah Kotoran Sapi Dapat Menyuburkan Tanah? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kotoran sapi sangat berguna bagi usaha pertanian. Hal ini dikarenakan kotoran sapi yang sudah dikeringkan (fermentasi) untuk menjadi pupuk mengandung kalium, nitrogen, dan fosfor. Salah satu manfaat baik pupuk kotoran sapi adalah meningkatkan kesuburan tanah. Mengapa demikian? Kali ini akan dibahas secara lengkap kandungan kotoran sapi sehingga mampu menyuburkan tanah.

 

Kandungan Kotoran Sapi untuk Kesuburan Tanah

 

Mungkin Anda sedang mencari alasan ilmiah mengapa kotoran sapi dapat menyuburkan tanah? Jawabannya karena kotoran sapi mengandung unsur hara yang tinggi. Secara umum, kandungan unsur hara dapat menyuburkan tanpa merusak konstruksi tanah. Secara khusus, kotoran sapi mengandung unsur hara makro berupa nitrogen (N) yang dapat menyuburkan tanah. 

 

Pada umumnya, pengumpulan selama 3 bulan kotoran sapi yang diperoleh dari sapi dengan berat badan kurang lebih 120 kg (setara 6 ekor sapi dewasa) akan menghasilkan oksigen sebanyak 7,4 kg. Jumlah ini sama dengan kandungan nitrogen pada 16,2 kg urea.

 

  1. Kandungan Nitrogen (N) sebagai Penyubur Tanah

Salah satu kandungan kotoran sapi adalah nitrogen. Ketika telah bercampur dengan tanah, kandungan nitrogen akan mempengaruhi aktivitas organisme yang hidup dalam tanah. Hasilnya, tanah menjadi normal dan gembur. Beberapa jenis mikroba yang dapat menyuburkan tanah diantaranya Thermospora, Trichoderma reesei, T. koningii, T.harzianum, Phanerochaeta crysosporium, Cellulomonas, Pseudomonas.

 

Bagaimana cara mikroorganisme menyuburkan tanah?

  1. Aktivitas organisme yang tinggi dapat melawan patogen (penyakit) yang mengkontaminasi tanah. Ketika patogen dapat dikalahkan, maka tanah akan selalu berada dalam keadaan normal.

  1. Tingginya aktivitas organisme akan menghasilkan bahan organik (lendir) yang dapat mengikat susunan partikel tanah, sehingga mudah menyerap air. Selain itu, organisme dapat merenggangkan pori-pori. Kombinasi dari struktur yang mengikat dan pori-pori renggang dapat membuat tanah menjadi gembur.

 

  1. Mengundang Suburnya Cacing 

Selain itu, kotoran sapi juga dapat memancing cacing untuk hidup dalam tanah tersebut. Keberadaan cacing mampu menyuburkan tanah melalui gerakannya dan berperan dalam proses dekomposisi.

 

Nah, itulah informasi mengenai kandungan kotoran sapi sehingga mampu menyuburkan tanah. Pemberian pupuk organik ini adalah cara alami tanpa mengganggu keseimbangan alam. Semoga bermanfaat untuk memantabkan hati Anda menggunakan kotoran sapi sebagai pupuk penyubur tanah.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *