Inilah! 5 Jenis Burung Yang Tergolong Pemakan Daging (Karnivora)

1. Elang

Elang merupakan salah satu burung karnivora yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia, memiliki nama latin Accipitridae. Merupakan salah satu hewan berdarah panas berkembang biak dengan cara ovipar (bertelur). Jika sedang bertelur mereka akan membuat sarang di atas pohon dengan sarang cangkang yang keras agar aman dari predator lain ataupun dari burung kelompok lain. Biasanya mereka bersarang diatas pohon yang dekat dengan perairan seperti rawa dan danau.

HD wallpaper: Contoh, Gambar, Burung, Elang, Wallpaper, Belajar, Sukses,  Dari, Burung, Elang, Png | saran.id
image via saran.id

Makanan utama mereka mamalia kecil seperti tikus, kadal, tupai, ayam terkadang memangsa serangga dan ikan juga tergantung dari ukuran tubuh mereka yang miliki. Mereka mengandalkan paruhnya yang kuat untuk mengoyak mangsanya. Elang juga memiliki indra penglihatan yang sangat tajam serta kaki dan kuku yang sangat tajam untuk mencengkeram mangsanya. Burung ini memiliki 4 pasang bilik jantung sama hal nya seperti manusia.

2. Undan/pelikan

Wallpaper Burung Pelikan HD unduh gratis | Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com

Burung ini termasuk ke dalam jenis karnivora memiliki nama latin Pelecanus. Burung ini hidup di seluruh dunia kecuali benua Antartika. Mereka senang hidup di wilayah yang cenderung memiliki suhu hangat seperti Asia. Jenis undan terbesar yaitu undan Dalmasia mempunyai berat tubuh hampir 18 kg dengan panjang 185 cm bisa membentangkan sayapnya selebar 4 m. Mereka merupakan perenang yang handal karena memiliki kaki berselaput seperti bebek.

Makanan favorit mereka ikan, menangkap mangsanya dengan cara memperbesar kantung paruh mereka. Uniknya mereka sering kali mencuri ikan dari kelompok lain dibandingkan harus mencari sendiri di lautan. Mereka biasa dijumpai di sekitar lautan dimana banyak ikan tersembunyi di dalamnya.

3. Burung Hantu
wallpaper burung hantu, burung, predator, bulu hd: layar lebar: definisi  tinggi: layar penuh
image via freewallpapers

Burung Hantu merupakan tergolong ke dalam burung jenis karnivora, memiliki nama latin Strigiformes. Mereka aktif pada malam hari biasanya digunakan untuk mencari makanan. Burung ini bisa kita temui diseluruh penjuru dunia kecuali benua Antartika. Di dunia bagian barat burung ini menyimbolkan sebuah kebijaksanaan, namun di Indonesia malah mempunyai mitos jika kedatangan burung hantu merupakan pertanda buruk akan datang.

Burung hantu memiliki bentuk mata yang besar memiliki bentuk wajah yang mengesankan namun terkadang menyeramkan. Mereka berburu mencari makanan pada malam hari biasanya memangsa kodok, tikus, serangga, dan hewan kecil lainnya. Biasa bersarang di dalam lubang pohon, diantara daun pelepah dan lubang-lubang bangunan kosong.

4. Falkon

Mengenal Peregrine Falcon, Burung Elang yang Terbang Ngebut Sekencang  MotoGP - kumparan.com
image via kumparan.com

Sekilas burung elang dan falkon memang hampir sama namun burung elang memiliki postur tubuh yang lebih besar daripada burung falkon. Burung falkon memiliki nama latin Falco, salah satu burung yang memiliki kecepatan terbang luar biasa. Mereka sanggup terbang dengan kecepatan 390 km/jam sangat lebih cepat dibandingkan dengan elang, sehingga mendapat predikat menjadi burung dengan terbang tercepat di seluruh dunia.

Burung ini bisa kita temui diseluruh benua kecuali benua Antartika. Mereka biasa tinggal di daerah tropis seperti padang rumput, hutan tropis, dan padang pasir. Makanan mereka biasanya memangsa serangga, kadal, ular, tikus, katak, dan mamalia kecil lainnya.

5. Sikep Madu Asia
Kestrel Falcon Burung Hewan - Foto gratis di Pixabay
image via pixabay.com

Sikep Madu Asia merupakan salah satu burung jenis omnivora yang tersebar luas di Asia Tenggara. Burung ini memiliki nama ilmiah Pernis Ptilorhynchus masih termasuk ke dalam keluarga elang. Sikep madu asia merupakan jenis elang yang mempunyai ukuran tubuh yang sedang memiliki panjang tubuh sekitar 50-70 cm dan memiliki berat tubuh 800-1300 gram untuk jenis jantan. Betina mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan dengan jantan mempunyai berat sekitar 1000-1500 gram.

Elang jenis ini selain memakan daging terkadang juga dia menghisap madu dan memakan buah-buahan. di Indonesia jenis elang ini tersebar di pulau Kalimantan, Sumatera, dan Jawa Barat.

Nah itulah contoh-contoh burung pemakan daging, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang macam jenis burung karnivora. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top