Optimis Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045, Ini Programnya.

Mantan Menteri Pertanian, Andi Arman saat menjabat sebagai menteri mengaku optimis menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia 2045. Hal ini disebabkan karena Indonesia telah mencapai berbagai target dan kriteria menjadi lumbung pangan.

Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045

Menurut Arman, Ada sekitar 11 komoditas strategis yang menjadikan suatu negara sebagai lumbung pangan di mana Indonesia kini telah mandiri dalam 4 komoditas pangan strategis. Empat bahan pangan yang sudah mandiri tanpa import di Indonesia adalah beras, jagung, cabai, dan bawang. Untuk memenuhi kemandirian 11 komoditas strategis tersebut, maka pemerintah memiliki berbagai program penunjang. Yuk simak apa saja!

4 Upaya untuk Mencapai Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045

Setidaknya, ada 4 program pemerintah , antara lain:

1. Program Serasi

Program serasi (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah. Program ini menonjolkan perbaikan dan pengembangan rawa. Keberadaan rawa selama ini dianggap cukup rapuh sebagai lahan pertanian, sehingga jarang sekali digunakan.

Padahal, jika dikelola dengan baik tanah rawa akan sangat bermanfaat karena memiliki kandungan kalsium, magnesium, hingga kalium. Kandungan tersebut membuat tanah memiliki tingkat kesuburan yang tinggi.

2. Pemberian bantuan

Ada berbagai batuan untuk menunjang produktivitas petani, seperti benih bersertifikat, bibit unggulan, herbisida, hingga pupuk dolamit. Selain bantuan tersebut, berbagai pendidikan pertanian juga dilakukan dan menggandeng millennial untuk terjun langsung dalam dunia pertanian atau perkebunan.

3. Infrastruktur dan teknologi

Menurut kementerian pertanian, pengembangan infrastruktur sangat penting dalam dunia pertanian. Sebab hal tersebut menunjang mobilitas pertanian itu sendiri. Selain infrastruktur, teknologi juga sangat penting dalam memberikan inovasi-inovasi baru dalam pertanian di era sekarang.

4. Sumber Daya Manusia

Tak kalah penting dari beberapa hal sebelumnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Peningkatan kualitas sumber daya manusia telah dilakukan dalam lembaga pendidikan dan pelatihan-pelatihan tertentu.

Demikianlah beberapa program dalam upaya menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045. Yuk ikut wujudkan swasembada pangan untuk menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top