Mengapa Harga Manuka Honey Mahal?

Manuka Honey (madu Manuka) adalah madu yang berasal dari New Zealand. Madu ini dibanderol dengan harga sangat mahal yaitu USD 99 untuk 250 gram madu! Dahsyat, bukan? Madu yang dibanderol dengan harga 100 kali lipat lebih mahal jika dibandingkan dengan madu pada umumnya ini membuat publik bertanya-tanya. Mengapa Manuka Honey ini memiliki harga yang begitu mahal? Apa kandungan dan manfaat madu ini hingga dimention oleh seorang Victoria Beckham? Penasaran? Untuk menjawab pertanyan-pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan berikut ini!

Baca juga : Yakin Madu Anda Asli? Simak Ciri-Ciri Madu Asli Original Disini!

Harga Madu Manuka
Sumber : canva.com (Manuka Honey)

Apa itu Manuka Honey (Madu Manuka)?

Manuka Honey (madu Manuka) adalah jenis madu bertekstur lebih kental yang berasal dari nektar bunga Leptospermum scoparium. Tanaman ini disebut Manuka oleh suku asli New Zealand yaitu suku Maori. Tanaman Manuka juga merupakan tanaman asli New Zealand. Meskipun tanaman ini juga ditemukan di Australia, namun menurut Insider Business bahwa New Zealand menjadi negara ekportir terbesar. New Zealand mampu menyumbang madu manuka ke seluruh dunia dengan total harga Manuka Honey yang mencapai nilai 300 juta dollar NZ dan diperkirakan akan mencapai 1,2 miliar dollar NZ pada 2030. Sungguh nilai yang fantastis untuk si manis yang satu ini.

Harga Manuka Honey
Sumber : canva.com (Manuka Flower)

Alasan Harga Manuka Honey (Madu Manuka) Mahal

Sebagian besar orang seringkali bertanya mengenai alasan mengapa harga Manuka Honey begitu fantastis daripada madu lainnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan harga Manuka Honey (madu Manuka) sangat mahal. Diantaranya adalah umur panen, lokasi , dan keunikan kandungan yang menjadi faktor pembeda dengan madu biasa.

  1. Umur Panen

Salah satu penyebab tingginya harga Manuka honey adalah karena faktor kelangkaan yang diakibatkan oleh singkatnya umur panen madu. Dilansir dari laman Insider Business,  John Rawcliffe dari Mānuka Factor Honey Association  menyatakan, “Tanamannya sendiri sangat langka. Sulit untuk dipanen karena bunganya hanya mekar selama 12 hari, dan terkadang kami harus menggunakan helikopter untuk mengumpulkan madu ini.”

  • Lokasi Bunga Manuka

Selain waktu mekar bunga yang sangat singkat, lokasi yang dijangkau pun jauh dan sulit diakses. Bunga Manuka biasa tumbuh subur di perbukitan dan hutan terpencil di New Zealand. Hal ini karena Manuka sangat sensitif dengan kondisi lingkungan, cuaca, yang pada akhirnya akan berdampak pada jumlah produksi madu Manuka.  Tidak heran jika pada akhirnya, hal ii menyebabkan harga madu manuka dibanderol dengan harga mahal.

  • Keunikan Kandungan Manuka Honey

Tingginya harga Manuka Honey bukanlah tanpa alasan,. Umumnya, madu memiliki kandungan antimikroba dan antiinflamasi. Dalam madu terdapat kandungan hidrogen peroksida yang bersifat mampu membunuh bakteri. Dilansir dari laman BBC bahwa pada 1991 dilakukan penelitian untuk mengetahui efektifitas kandungan antimikroba pada madu di New Zealand. Metode yang digunakan adalah menghilangkan kandungan hidrogen peroksida di berbagai jenis madu. Dan hasilnya adalah, Manuka Honey menjadi satu-satunya madu yang masih efektif membunuh mikroba karena memiliki kandungan unik dan ajaib. Kandungan tersebut dikenal sebagai methylglyoxal (MGO).

Photo by New Zealand Honey Co.

Apa Saja Kandungan dan Manfaatnya?

Selain mempertanyakan tentang harga Manuka Honey, banyak juga yang bertanya tentang kandungan dan manfaat madu ini. Perbedaan Manuka Honey dengan madu biasa terletak pada kandungan uniknya yaitu methylglyoxal. Manuka Honey yang asli harus mendapatkan sertifikasi untuk membuktikan kandungannya yang dilakukan oleh The Unique Manuka Factor Honey Association (UMFHA). Lembaga ini bertugas untuk memberikan label atas madu yang dihasilkan untuk memastikan kemurnian dan kualitas madu Manuka.

Kandungan bahan yang diuji oleh UMFHA adalah Leptosperin, DHA dan Methylglyoxal (MGO). Pengujian yang dilakukan oleh UMFHA ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen bahwa madu yang dibeli merupakan Manuka Honey murni dan asli New Zealand. Hasil pengujiannya ditunjukkan dalam bentuk label UMF ™ pada kemasan, contohnya UMF5+, UMF10+, hingga UMF20+. Semakin tinggi angka pada UMF maka semakin tinggi pula kandungan antimikrobanya.

Dengan adanya kandungan istimewa pada Manuka Honey, menjadikan madu ini kaya manfaat terutama untuk kesehatan. Berdasarkan informasi dari Eater, ada seorang profesor biokimia di salah satu universitas New Zealand bernama Dr. Peter Molan. Beliau mulai meneliti manfaat kesehatan dari madu Manuka pada tahun 1981. Dilaporkan bahwa madu Manuka dapat meredakan sakit pada sistem pencernaan dan asam lambung.

Selain itu, juga mampu mengurangi sakit pada sistem pernapasan seperti sinusitis serta alergi. Manuka honey sama seperti madu pada umumnya yang mampu melawan bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan segudang manfaat madu Manuka ini, tentu saja sangat worth it dengan harga madu manuka yang tidaklah murah.

Nah ,itulah sekilas informasi mengenai alasan mengapa harga madu Manuka luar biasa mahal. Namun, apabila ingin membeli madu dengan harga yang pas namun tetap berkualitas, cukup beli di Star Farm. Cek Madu Habbatussauda Al Haramain Black Sheed Honey 250g – Star Farm. Cuma dengan Rp 47.500 saja, sudah bisa memenuhi kebutuhan konsumsi madu mu agar tetap fit di segala kondisi. Stay safe, stay healthy!

Leave a Reply

0
Scroll to Top