Ciri Fisik dan Karakteristik Gajah India yang Perlu Diketahui

Gajah merupakan salah satu makhluk purba yang bisa bertahan hidup hingga masa sekarang ini. Diketahui ada beberapa jenis gajah yang masih bertahan dan salah satunya adalah gajah India. Gajah ini memiliki ciri dan karakter yang berbeda dengan gajah Afrika. Keduanya  membawa sifat dan ciri fisik tersendiri. Penasaran bagaimana ciri-ciri dan kekhasan dari gajah yang banyak ditemui di India dan sekitarnya ini?

Informasi Fisik Gajah India

Gajah India ternyata adalah salah satu sub dari spesies gajah Asia. Gajah yang banyak ditemui di daerah Nepal, Bangladesh, Myanmar, Thailand dan terutama India ini masih bersaudara dekat dengan gajah Srilanka dan gajah Sumatera.

Berikut ini adalah ciri dan karakter dari gajah India yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Ukuran Belalai

Spesies gajah Asia ini memiliki ukuran belalai sekitar 59 sampai 79 inchi. Pada bagian ujung belalai, memiliki bentuk seperti jari jemari. Jemari ini berfungsi untuk mengambil makanan dan memasukkannya ke mulut.

Belalai gajah memiliki fungsi utama sebagai alat pernapasan namun bagian ini juga memberikan manfaat lainnya. Belalai gajah tumbuh sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Tergantung bagaimana kebutuhan untuk mendukung hidup sang gajah.

2. Ukuran Kepala

Ciri yang paling mudah untuk membedakan antara gajah india dan gajah lainnya adalah dari bentuk kepalanya. Gajah ini memiliki gundukan di belakang kepala yang nampak seperti punuk unta.

Selain gundukan seperti punuk, hewan ini juga memiliki keunikan lain yaitu munculnya dua kubah yang ada di sisi kepalanya. Kubah ini terpisah antara kiri dan kanan dengan penanda garis yang dimulai dari dahi hingga tengah kepala.

3. Ukuran Telinga

Bagian tubuh gajah lainnya yang juga bisa dipergunakan untuk mengidentifikasinya adalah bagian telinga. Gajah India memiliki bentuk telinga yang sangat khas dan mencolok. Yaitu, ukuran telinga gajah ini terbilang mungil dibandingkan jenis afrika.

Ukuran mungil telinga sub gajah Asia ini bukan tanpa sebab. Hal ini dikarenakan gajah ini hidup di daerah yang berbeda dengan gajah Afrika. Gajah india hidup di daerah tropis yang sejuk dan dingin. Mereka banyak mendapatkan hujan.

Berbeda dengan gajah Afrika yang hidup di daerah panas. Gajah afrika menumbuhkan telinga dengan ukuran yang lebar karena digunakan sebagai alat pendingin kepala. Mereka akan mengibaskan telinganya saat merasa sangat kepanasan.

Hal ini adalah salah satu bentuk dari proses adaptasi hewan terhadap lingkungannya. Kita tahu bahwa jenis hewan yang sama bisa memiliki bentuk tubuh yang terkadang berbeda. Karena, tujuannya adalah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

4. Bentuk Gading

Berbeda dengan gading gajah Afrika yang panjang dan besar, gading gajah india memiliki ukuran yang sedikit lebih pendek. Bahkan, gading ini hanya tumbuh pada gajah jantan saja. Gajah betina tidak memiliki gading yang panjang.

Gajah betina hanya memiliki Tush atau sebutan lain untuk gigi seri yang tumbuh memanjang. Tush hanya bisa terlihat saat gajah betina sedang membuka mulutnya. Tidak sampai tumbuh panjang dan keluar seperti gajah jantan.

5. Bentuk Kuku Kaki

Selain bentuk telinga, gading, belalai dan kepala, gajah ini juga memiliki bentuk kuku kaki yang sangat berbeda. Kuku kaki gajah ini berjumlah 5 untuk kaki bagian depan, sedangkan bagian belakangnya berjumlah 4 kuku.

Pada gajah Afrika, kuku kaki depan berjumlah 4 buah sedangkan kuku kaki belakang berjumlah 3 buah saja. Inilah perbedaan mendasar dari gajah asia india dengan gajah afrika.

Itulah beberapa ciri fisik dan karakteristik gajah India yang mendasar dan berbeda dari gajah Afrika. Meskipun secara fisik banyak perbedaan, namun secara struktur sosial mereka tidak banyak berbeda. Dua gajah ini sama-sama hidup berkelompok dan dipimpin oleh gajah tertua.

Leave a Reply

0
Scroll to Top