Faktor Keberhasilan Ternak Kambing Agar Sukses

Beternak kambing merupakan salah satu ladang usaha yang potensial dan menggiurkan untuk dijalani. Tingginya permintaan pasar dan rendahnya pemasok membuat bisnis ini semakin banyak diminati. Beternak kambing juga bukan hal yang sulit. Hewan yang satu ini tidak membutuhkan perawatan dan perhatian khusus seperti hewan ternak lainnya. Dengan memperhatikan berbagai faktor keberhasilan ternak kambing, bukan tidak mungkin banyak peternak kambing yang akan mengalami kesuksesan.

4 Faktor Keberhasilan Ternak Kambing yang Paling Berpengaruh

Jika peternak mampu melihat peluang dan berbagai faktor keberhasilan ternak kambing, usaha peternakan akan banyak bermunculan dan menjamur. Potensi besar dibalik usaha peternakan ini memberikan peluang bagi peternak untuk meningkatkan usahanya.

Berikut ini adalah beberapa faktor pendukung yang bisa dipelajari agar supaya peternakan kambing bisa sukses dan berhasil. Diantaranya adalah :

1. Pemilihan Bibit Unggul

Bibit unggul jelas memengaruhi kualitas ternak di masa mendatang. Hal ini bisa dianggap sebagai penentu keberhasilan sebuah peternakan. Bibit yang semakin bagus dan unggul, akan menghasilkan ternak yang berkualitas, berbobot dan tumbuh maksimal. Itulah mengapa penting sekali memperhatikan kualitas bibit sejak dini.

Ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam proses pemilihan bibit unggulan yaitu :

  • Cek kondisi terbaik dari setiap jenis kambing. Setiap jenis kambing memiliki ciri fisik berbeda-beda. Cirinya tidak sama antara satu jenis dengan jenis lainnya. Contohnya untuk jenis kambing gibas, bibit yang unggul tidak memiliki ekor berbentuk cambuk. Jenis ekor seperti ini biasanya akan memiliki pertumbuhan yang lambat.
  • Pilihlah bibit yang usianya sudah cukup produktif. Tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. Usia yang cocok untuk memilih calon ternak adalah sekitar 4 hingga 6 bulan. Di usia ini, kambing muda lebih siap untuk diternakkan secara intensif.

2. Persiapan Kandang yang Baik dan Layak

Seperti halnya sebuah rumah bagi seorang manusia, hewan ternak pun membutuhkan kandang untuk tempat berlindung. Kambing membutuhkan kandang yang baik, bersih, cukup udara dan tidak terlalu berdesakan dengan sesama ternak.

Peternak harus memahami hal ini sebagai faktor keberhasilan ternak kambing yang utama. Itulah sebabnya dibutuhkan perhatian ekstra dalam penciptaan dan perawatan kandang.

Kandang kambing harus memenuhi faktor kebersihan, kenyamanan, kecukupan ruang gerak, kecukupan udara, pengaliran kotoran dengan tepat dan lain sebagainya. Hal seperti ini harus menjadi perhatian utama peternak. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun akan mengantarkan peternak pada kesuksesan beternak kambing.

2. Pemilihan Pakan Ternak

Pakan ternak juga menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam beternak. Semakin bagus dan berkualitas makanan yang diberikan kepada kambing, hewan ternak inipun akan tumbuh semakin baik dan sehat. Makanan yang diberikan harus seimbang dalam hal gizi dan nutrisi. Peternak harus berupaya memberikan makanan yang bervariasi dari pada sekedar rumput dan konsentrat saja.

3. Pemeliharaan Kesehatan Ternak

Faktor terakhir dalam upaya meraih keberhasilan beternak kambing adalah perhatian terhadap kesehatan ternak. Peternak harus selalu memperhatikan detail hewan ternaknya. Mengecek kondisi perut, kaki dan kepalanya secara rutin dan berkala. Memperhatikan jikalau ada hewan ternak yang merasa kurang nyaman, stress atau kesakitan di bagian tubuhnya. Selain upaya vaksinasi untuk pencegahan penyakit, perhatian terhadap kesehatan ternak sehari-hari juga penting.

Itulah empat faktor keberhasilan ternak kambing yang paling utama. Jika keempat faktor ini dijalankan dengan sepenuhnya, bisa dipastikan peternak akan mendulang kesuksesan dalam usaha ternaknya. Oleh sebab itu, empat faktor penting ini harus benar-benar diperhatikan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top