Fakta Unik Tebu Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Di Iklim Tropis

Tanaman tebu memiliki nama latin Saccharum Officinarum Linn seringkali dimanfaatkan pada bagian batangnya sebagai bahan dasar pembuatan gula. Masih satu keluarga dengan rerumputan banyak tumbuh di Indonesia khususnya di pulau Jawa dan Sumatera. Tanaman tebu mempunyai karakteristik terdapatnya bulu-bulu halus beserta duri di bagian pelepah dan helai daun. Sebenarnya keberadaan bagian bulu-bulu dan duri ini beragam tergantung dari varietas tebu itu sendiri.
Hasil gambar untuk tebu hd
image via tukangreview.com

Tinggi tanaman tebu bervariasi tergantung dari daya dukung lingkungan sekitar dan varietas itu sendiri. Secara umum tebu memiliki ukuran tinggi 3-5 meter dengan diameter batang 2-4 cm. Tergolong tanaman monokotil dan bagian batangnya bisa menghasilkan anakan/bercabang berupa tunas batang.

Tebu tumbuh subur di wilayah yang memiliki iklim tropis. Salah satu tanaman yang pertumbuhannya tergantung dari iklim sekitar. Jika iklim disekitar pertanian tebu buruk makan akan dipastikan tanaman tebu yang dihasilkan pun akan buruk/menurun kualitasnya. Tumbuh subur pada ketinggian 0-900 mdpl. Curah hujan memiliki intensitas rata-rata 2000/mm tahun. pH tanah mempunyai tingkat keasaman 5-6pH dan suhu udara 21-32 derajat.

Dalam pembuatan gula biasanya batang tebu diperas menggunakan mesin press lalu air perasan/sari tebu disaring, dimasak, dan diputihkan sehingga jadilah gula tebu yang kita kenal. Daun tebu yang kering ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak. Di beberapa daerah air perasan tebu sering dinikmati secara langsung atau dijadikan olahan minuman es.

Tanaman tebu di produksi secara luas di pulau Jawa dan Sumatera. Pada tahun 2016 menurut Direktorat Perkebunan tercatat luas perkebunan tebu sekitar 445.520 hektar dan jumlah produksi mencapai 2.222 ton.

Dari tahun ke tahun produksi tanaman tebu di negara Indonesia mengalami peningkatan terus. Pemanfaatan tebu sebagai bahan dasar pembuatan gula pun sama terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun pada 1998 terjadi penurunan produktivias tebu dikarenakan adanya krisis ekonomi pada saat itu.

Hasil gambar untuk tanaman tebu hd
image via thegorbalsla.com

Tebu memiliki banyak jenis seperti tebu kuning, merah, cokelat dan lainnya. Panen tebu dilakukan tidak memandang keadaan cuaca, mereka bisa tumbuh subur dalam keadaan cuaca apapun. Memiliki berbagai macam manfaat terutama dalam hal kesehatan. Berikut adalah berbagai jenis manfaat tebu dalam hal kesehatan

1. Mencegah penyakit kuning

Penyakit kuning disebabkan karena bilirubin yang berlebihan di dalam darah sehingga membuat kulit kita cenderung berwarna kuning. Penyakit ini bisa menyebar ke organ hati sehingga mengganggu kinerja hati. Minum 2 gelas jus tebu dalam sehari dipercaya dapat mencegah bahkan mengobati penyakit kuning.

2. Mencegah penyakit stroke

Mengkonsumsi jus tebu secara teratur dapat mencegah kita terkena penyakit stroke. Hal itu dikarenakan jika kita mengkonsumsi jus tebu secara teratur maka metabolisme dalam tubuh akan terus terpenuhi.

3. Mencegah kanker

Air sari pada batang tebu mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi yang bersifat alkali. Pada akhir-akhir ini juga ada penelitian yang menyebutkan terdapat kandungan flavonoid yang bisa mencegah bahkan melawan penyakit kanker.

4. Mengurangi resiko terkena diabetes

Sari tebu mengandung sukrosa dengan indeks glikemik rendah. Kandungan tersebut dapat menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Maka dari itu sari tebu baik digunakan untuk para penderita diabetes sebagai pengganti rasa manis yang berasal dari gula.

5. Mengatasi masuk angin

Daun tebu ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi masalah masuk angin. Dengan cara di rebus hingga mendidih dan diminum saat masih hangat. Jika sedang masuk angin minumlah satu gelas 3x sehari secara rutin.

Nah itulah ulasan seputar fakta tentang tanaman tebu, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang tanaman tebu. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top