Fakta Unik Jerapah Mamalia Berleher Panjang Sekaligus Tertinggi Di Darat

Jerapah memiliki nama latin Giraffa Camelopardalis merupakan jenis spesies hewan paling tinggi di darat. Jenis jantan memiliki tinggi dan berat lebih besar dibandingkan dengan betina. Jantan memiliki tinggi sekitar 4.9m-5.5m dan berat bisa mencapai 1.360kg. Hewan satu ini banyak dijumpai di daratan Afrika masih satu keluarga dengan sapi dan rusa namun berbeda suku.

desktop komputer jerapah hd, Wallpaper HD | Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com

Ternyata hewan satu ini memiliki bentuk dan berat jantung yang sangat besar beratnya bisa mencapai 10kg. Hal ini dikarenakan jerapah mempunyai leher yang sangat panjang jadi memerlukan tenaga pompa ekstra untuk memompa jantungnya. Dalam satu menit jerapah bisa menghasilkan pompa darah sebanyak 600 liter.

Berikut adalah fakta unik mengenai hewan jerapah

1. Memiliki lidah yang panjang

Mungkin semua orang sudah tau jika jerapah mempunyai bentuk leher yang sangat panjang, ternyata lidah hewan satu ini mempunyai ukuran yang panjang juga. Jerapah mempunyai lidah sepanjang 45cm yang berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan maupun kotoran yang berada di wajah dan sekitar tubuhnya.

2. Tidur hanya sebentar

Kebanyakan manusia serta hewan tidur merupakan istirahat yang sangat penting untuk tujuan mengembalikan energi di kemudian waktu, berbeda dengan jerapah yang hanya memiliki riwayat tidur sebentar. Jika malam hari hewan berleher panjang ini hanya tidur kurang lebih 20 menit saja, jika pada siang hari mereka biasa beristirahat hanya 3-5 menit saja. Jerapah biasa tertidur dengan gaya berdiri maupun berbaring

3. Bisa hidup beberapa hari tanpa minum air

Ternyata bukan unta saja yang bisa bertahan hidup selama beberapa hari tanpa minum air, jerapah pun bisa. Karena hewan satu ini banyak memakan dedaunan/ tumbuh-tumbuhan yang banyak mengandung air mineral. Bahkan jerapah bisa bertahan hidup selama beberapa hari melebihi unta karena sekali minum air dia bisa meminum sebanyak 235 liter air.

4. Hewan darat tertinggi

Jerapah memiliki predikat sebagai hewan darat tertinggi di dunia. Walau jerapah memiliki bentuk leher yang panjang tapi mereka sama saja seperti mamalia lain yang memiliki tujuh ruas tulang leher. Tinggi jerapah bisa mencapai setinggi 6 meter, kelamin jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih tinggi dan berat dibandingkan dengan betina.

5. Memiliki tanduk

Jerapah memiliki sepasang tanduk, tanduk tersebut terbentuk dari kombinasi tulang rawan yang terbentuk. Tanduk menjadi salah satu pembeda untuk menentukan mana jenis jerapah jantan dan betina. Tanduk ini ditutupi oleh lapisan rambut bulu dan kulit.

6. Terdapat spesies jerapah putih

Jerapah berwarna putih yang terdapat di film wilayah kenya merupakan bukan spesies jerapah albino, melainkan memiliki pigmentasi baik mata gelap atau bola bulu mata yang samar. Dianggap albino karena jenis ini memiliki keseluruhan warna tubuh berwarna putih.

Nah itulah beberapa fakta tentang jerapah, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang jerapah. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top