fbpx

6 Fakta Menarik Kerbau Sumbawa

Yuk simak pembahasan mengenai fakta menarik kerbau sumbawa berikut ini.

Kerbau adalah binatang yang sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia, namun tidak semua orang tahu jenis kerbau apa saja yang ada di negara kita. Salah satu jenis yang harus Anda kenal adalah kerbau Sumbawa.

Kerbau ini masih termasuk rumpun kerbau lokal yang secara geografis berada di kawasan Indonesia tepatnya di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Ternak kerbau di daerah Sumbawa ini sudah dilakukan secara turun temurun dan genetiknya masih asli dari Indonesia. Oleh karena itu harus dilestarikan dan juga dilindungi agar tidak punah.

Fakta Menarik Kerbau Sumbawa

Agar lebih mengenal jenis kerbau ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa fakta menarik tentang kerbau Sumbawa agar menambah pengetahuan Anda. Beberapa fakta tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Ciri kerbau jenis Sumbawa

Kerbau ini memiliki ciri khas yang cukup mencolok dibandingkan yang lain. Ciri tersebut antara lain adalah warna tanduknya terlihat bening dengan warna kekuningan sampai hitam. Tubuhnya lebih dominan berwarna abu-abu sampai ke hitam.

Rambutnya berwarna kemerahan hingga ke abu-abu gelap. Kerbau ini memiliki kaki yang ukurannya relatif terbilang pendek dibanding jenis lainnya. Baik jantan maupun betina, keduanya memiliki tanduk besar yang melengkung ke arah samping ataupun ke belakang.

2. Pemeliharaan kerbau

Pemeliharaan kerbau jenis Sumbawa ini masih dilakukan secara tradisional yaitu dengan melepasnya di kawasan padang rumput. Selain itu terkadang kerbau juga di biarkan mencari makan di kawasan persawahan saat musim panen selesai.

Dari pola pemeliharaan seperti ini tentu saja dapat disimpulkan bahwa perkembangan dan pertumbuhan dari kerbau cukup tergantung dengan kondisi alam. Namun dengan kendala ketidaktersediaan pakan yang cukup tinggi ini ternak kerbau tetap berhasil. Sebab, kerbau jenis Sumbawa memiliki tingkat adaptasi yang bagus.

3. Kerbau jenis Sumbawa sebagai ternak yang diperdagangkan

Ternyata kerbau jenis Sumbawa ini merupakan salah satu komoditas ekspor yang memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia, khususnya masyarakat daerah Sumbawa. Biasanya kerbau jenis Sumbawa ini dikirim ke negara Malaysia, Hongkong, Singapore dan beberapa negara lain yang ada di daerah Asia.

4. Hasil olahan dari kerbau jenis Sumbawa

Kerbau jenis Sumbawa ini dapat juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai produk. Beberapa olahan tersebut antara lain adalah dendeng, abon, susu yang diolah untuk dijadikan permen susu. Di sisi lain, tanduk kerbau juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuat souvenir dan kotorannya diolah menjadi sumber energi biogas dan juga pupuk organik.

5. Daya Tarik wisata

Kerbau jenis Sumbawa dapat dijadikan daya Tarik wisata yaitu dengan menyelenggarakan karapan kerbau atau kerbau berenang yang dapat disaksikan wisatawan. Selain itu, kerbau yang menang dalam pertandingan tersebut harga jualnya juga akan semakin tinggi dan dapat mencapai 3 kali lipat harga sebenarnya.

6. Rumpun kerbau jenis Sumbawa

Kerbau jenis Sumbawa masih termasuk tipe kerbau lumpur yang dikenal dengan nama lain Bubalus Bubalis. Ternak ini bagi warga Sumbawa dikenal sebagai penghasil protein hewani dengan memanfaatkan daging dan susunya.

Selain itu memelihara kerbau ini juga lambang prestise di dalam masyarakat yang menunjukkan tingkat kesejahteraan seseorang. Setiap peternak paling sedikit memiliki 8 hingga 12 ekor dan bahkan ada yang memiliki 400 ekor untuk seorang peternak.

Berdasarkan beberapa fakta di atas, kerbau Sumbawa ternyata membawa banyak keuntungan bagi warga Sumbawa yang memeliharanya. Taraf kesejahteraan mereka dapat sedikit demi sedikit tertolong dengan beternak.

Namun sayangnya beternak kerbau jenis Sumbawa ini sangat tergantung dengan lingkungan alam. Saat ini kawasan persawahan dan ladang juga semakin menyempit sehingga lebih susah mendapatkan makanan. Oleh karena itu pemerintah juga harus berperan serta dalam menjaga kelestarian salah satu kerbau asli dari Indonesia ini.

Leave a Reply

0
Scroll to Top