Empat Jenis Pisang yang Cocok untuk Dimakan Langsung.

Memiliki nama latin Musa acuminate, pisang merupakan buah yang sangat kaya akan gizi. Buah yang satu ini juga sangat familiar sekali ditemukan, baik di perkampungan ataupun perkotaan. Rasanya yang enak dan banyak manfaat yang dikandungnya, menjadikan pisang digandrungi banyak orang.

image via m.brilio.net

Pisang juga banyak dibuat aneka makanan lain, seperti pisang goreng, kripik pisang, kolak, kue pisang, bahkan bisa dijadikan menjadi jus. Banyak jenis-jenis pisang yang biasa dikonsumsi, setiap jenis itu mempunyai karakteristik sendiri untuk dijadikan makanan lain. untuk membuat pisang goreng, jenis pisang yang cocok diantaranya pisang uli, pisang nangka, pisang kepok, pisang tanduk dan beberapa jenis lainnya.

Dari sekian banyak jenis pisang yang ada di dunia ini, tidak semua pisang enak dikonsumsi secara langsung. Hal itu disebabkan karena tekstur, kandungan dan lain sebagaianya. Untuk itu simak 4 pisang yang cocok dikunsumsi secara langsung di bawah ini:

1. Pisang Ambon

Pisang ambon atau juga dikenal pisang cavendish merupakan jenis pisang yang cukup populer di dunia.  Memiliki daging buah yang kekuningan dan rasanya yang manis tentu menjadi kelebihannya . Pisang jenis ini memiliki tekstur yang lunak, untuk itu banyak di konsusmi secara langsung. Ketika matang, warna dari kulit pisang akan berubah menjadi hijau kekuningan atau kuning muda. Cara mendapatkan pisang ini juga gampang karena sekarang sudah banyak ditemukan di minimarket, supermarket, dan pastinya di pasar.

image via blog.elevenia.co.id

2. Pisang mas

Dinamakan mas karena mempunyai warna yang kuning terang seperti mas. Pisang ini memiliki ukuran yang kecil yaitu sekitar 3-4 cm. tetapi jangan salah, meskipun kecil pisang ini memiliki rasa yang sangat manis dan aroma yang khas sekali. Karena rasanya yang manis ini, pisang mas sering dijadikan sebagai pencuci mulut atau dimakan  langsung. Tidak hanya manis, pisang mas juga memiliki kandungan gizi yang banyak.

image via blibli.com

3. Pisang susu

Pisang susu Memiliki ukuran lebih kecil dari pisang ambon. Tetapi kedua pisang ini memiliki tekstur yang mirip. Selain itu pisang ini juga mempunyai rasa yang creamy, karena itulah dinamakan pisang susu. Pastinya pisang ini lebih cocok dimakan secara langsung dibanding mengolahnya terlebih dahulu. Pisang susu juga memiliki bentuk yang sangat mirip dengan pisang mas, yang membedakan adalah buntik hitamnya. Jadi Jangan sampai salah pilih ya.

image via berassurabaya.com

4. Pisang  raja

Pisang raja menjadi salahsatu pisang yang enak di makan secara langsung. Karena aroma yang dimiliki pisang raja harum dan memiliki rasa yang manis pula. Pisang ini merupakan pisang lokal dari Indonesia. Kulit buanya tebal dan berwarna kuning. Ketika akan matang kulitnya akan berubah menjadi sedikit coklat kehitaman. Selain bisa dimakan secara langsung, pisang jenis ini juga biasa dijadikan  sebagai kue tradisional atau bolu pisang.

image via blog.sayurbox.com

Mau makan pisang ambon, pisang mas, pisang susu atau pisang raja dulu?. Yang manapun pilihannya pasti tetap enak. Keempat pisang tersebut juga sangat mudah di temui. Pergi saja ke pasar maka akan menemukan keempat pisang tersebut. Atau ada yang tertarik untuk menanam di kebun?. Silahkan dicoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top