Pilihan Daun Terbaik untuk Pakan Kambing yang Menyehatkan

Kambing merupakan hewan herbivora yang setiap harinya membutuhkan asupan makanan berupa tumbuh-tumbuhan seperti rumput. Meskipun demikian, kambing tidak harus selalu makan rumput sepanjang hidupnya. Hewan ternak yang satu ini juga membutuhkan variasi makanan supaya asupan gizi dan nutrisi yang diserap juga beragam. Untuk itu, peternak harus tahun ragam makanan lain seperti daun terbaik untuk pakan kambing. Makanan ini bisa menjadi pelengkap untuk memenuhi nutrisi kambing.

Daun-daun Terbaik untuk Pakan Kambing selain Rumput

Pakan hijau merupakan makanan utama untuk hewan ternak terutama kambing. Peternak bisa memberikan berbagai macam dedaunan sebagai pengganti rumput. Di Indonesia, banyak sekali ragam tumbuhan hijau yang bisa dimanfaatkan. Bahkan, hampir semua tumbuhan hijau di sekitar kita bisa digunakan untuk pakan ternak.

Berikut ini adalah beberapa daun terbaik untuk pakan kambing yang ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kambing. Diantaranya adalah :

1. Daun Singkong

Daun singkong mengandung 32.30% protein kasar yang akan menyumbang nutrisi untuk kebutuhan kambing. Jenis daun ini bahkan bisa dipergunakan untuk meningkatkan berat badan kambing secara signifikan. Selain itu, dengan memberikan daun singkong, kambing akan lebih sehat karena kandungan anticacingnya. Kandungan ini juga akan melindungi pencernaan kambing dari mikroorganisme jahat.

2. Daun Nangka

Daun nangka juga memiliki kandungan protein di atas 20% sehingga juga sangat disarankan untuk dijadikan makanan kambing. Untuk mendapatkannya cukup mudah. Jumlahnya pun melimpah. Biasanya, peternak memberikan pakan daun nangka ketika mereka ingin meningkatkan produksi susu kambing.

3. Daun Turi

Daun turi juga merupakan salah satu jenis dedaunan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Pohon turi hanya dikonsumsi bunganya saja oleh masyarakat. Oleh sebab itu, daunnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan juga dapat menghasilkan banyak energi. Inilah mengapa kambing lebih cepat gemuk dengan mengonsumsi daun turi.

4. Daun Pisang

Daun pisang tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat kecuali sebagai pembungkus makanan. Itulah mengapa ketika musim panen pisang datang, banyak dedaunan pisang yang dibuang dan menjadi limbah.

Padahal daun ini sangat baik untuk dijadikan pakan kambing. Dalam daun pisang, terkandung 10,97% protein kasar, 4,02% lemak kasar dan 28,90% serat kasar. Komposisi inilah yang menjadikan daun pisang sangat ideal untuk pakan ternak.

5. Daun Pepaya

Ini adalah daun terbaik untuk pakan kambing selain rumput. Selain mudah didapat dan melimpah, daun pepaya diketahui memiliki banyak sekali kandungan gizi. Daun pepaya mampu meningkatkan bobot badan kambing dengan drastis. Selain itu, daun pepaya mengandung getah yang bisa dijadikan obat cacing alami.

6. Daun Kaliandra

Daun kaliandra adalah makanan alami hijauan yang juga bisa dimanfaatkan untuk pakan kambing. Protein dalam daun kaliandra memang cukup tinggi namun kandungan taninnya juga lumayan banyak. Itulah mengapa, jika hendak memberikan daun kaliandra pada ternak, sebaiknya dicampur dengan daun turi atau daun gamal.

7. Daun Gamal

Daun gamal dikenal juga dengan nama daun teresede. Terdapat kandungan serat dan protein yang cukup tinggi. Sebenarnya daun teresede memang disarankan untuk dijadikan pakan ternak, hanya saja baunya agak menyengat.

Peternak akan membutuhkan usaha ekstra untuk membuat kambing mau makan daun yang satu ini. Supaya tidak terlalu menyengat baunya, peternak bisa menjemurnya hingga layu dan dijadikan pakan ketika kambing benar-benar lapar.

Itulah 7 daun terbaik untuk pakan kambing yang alami dan menyehatkan. Peternak dapat memberikan dedaunan ini sebagai variasi agar kambing tidak seterusnya makan rumput. Pakan daun ini akan memberikan banyak fungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan kambing.

Leave a Reply

0
Scroll to Top