Yuk Kenali Gejala Bengkak Rahang Pada Sapi

Rahang pada sapi berfungsi untuk mengunyah makanan yang ada dalam mulut. Salah satu dari proses mencerna makanan ini akan menyisakan sisa makanan dalam mulut. Dan pada akhirnya menjadi sarang bakteri dan bisa menimbulkan infeksi hingga menyebabkan rahang bengkak. Dengan mengenali gejala bengkak rahang pada sapi berguna untuk menentukan bagaimana langkah-langkah pengobatannya.

Tanda Dan Gejala Rahang Bengkak Pada Sapi

Aktinomikosis atau lebih dikenal dengan rahang bengkak, disebabkan adanya bakteri pada mulut. Meski pembengkakan rahang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi sapi.

Dampaknya bisa menjadikan nafsu makan hewan ternak pun menurun. Agar penyakit bengkak rahang ini tidak menimbulkan penyakit serius lainnya, Anda perlu mengetahui gejalanya.

Adapun gejala bengkak rahang pada sapi yang mudah dikenali oleh peternak adalah sebagai berikut :

1. Bengkak

Sesuai dengan namanya salah satu gejala penyakit bengkak rahang pada sapi adalah terjadinya pembengkakan di sekitar tulang rahang. Apabila tidak segera diatasi, maka daging lunak di sekitar rahang akan mengalami infeksi dan kekakuan gusi.

2. Kemerahan

Area yang mengalami pembengkakan rahang akan berwarna kemerahan karena terjadi yang namanya pigmentasi atau perubahan warna. Gejala seperti ini menjadi tanda bagaimana jaringan lunak dan pengikat mengalami infeksi.

3. Sulit mengunyah

Seperti halnya manusia saat mengalami gusi bengkak, saat rahang sapi bengkak pun juga bisa membuat sapi kesulitan untuk mengunyah. Selain itu lidah pada sapi juga akan menjadi kaku, jadi jangan heran jika sapi agak sulit untuk makan.

4. Infeksi kelenjar getah bening

Selain sulit mengunyah, rahang bengkak juga membuat sapi kesulitan untuk menelan. Gejala bengkak rahang pada sapi seperti ini dikarenakan kelenjar getah bening ternak mengalami infeksi di sekitar rahang. Hal ini membuat asbes berdinding tebal membengkak sebesar bola golf hingga sepak bola

5. Tidak bersuara

Kekakuan lidah dan rahang pada saat rahang membengkak menyebabkan ternak enggan bicara dan cenderung untuk diam. Karena ketika hewan ternak sapi berucap atau bersuara akan menimbulkan rasa sakit pada bagian rahang.

6. Kulit kurang elastis

Kadar air dalam tubuh ketika sapi mengalami pembengkakan pada rahang akan berkurang. Karena rahang pada sapi yang biasanya digerakkan untuk memproduksi kadar air dalam mulut kini susah digerakkan saat rahang membengkak. Kekurangan kadar air pada sapi ditandai dengan kulit sapi kurang elastis

7. Gusi kering

Gusi kuring juga bisa menjadi gejala bengkak rahang pada sapi. Hal ini disebabkan oleh minimnya supplay air pada mulut karena pergerakan rahang sedikit. Sementara itu tanda gusi sehat adalah lembab dan warna mengkilat.

8. Kedua bola mata dan kelopak mata pucat

Jika gejala-gejala sebelumnya tidak bisa dilihat oleh kasat mata. Berbeda dengan gejela satu ini yang bisa dilihat oleh mata telanjang yakni kedua bola mata dan kelopak mata pucat. Jika ternak sapi sudah mengalami sampai tahap ini, segeralah berikan asupan cairan.

9. Tidak mau minum

Meski kerap kali dahaga menghampiri, tapi hewan ternak sapi akan enggan untuk minum. Ketidakmauan sapi untuk minum ini menjadi tanda, bahwa sakit rahang pada sapi sudah cukup parah, sehingga Anda harus segera menghubungi dokter hewan.

Demikianlah tadi sembilan gejala bengkak rahang pada sapi yang bisa Anda kenali. Tetap berikan ternak supplay makan dan minum yang cukup pada sapi. Apabila Anda tidak mampu menanganinya sebaiknya pasrahkan saja ke ahlinya yakni dokter hewan.

Leave a Reply

0
Scroll to Top