fbpx

Cara Merawat Ternak Sapi Yang Telah Terinfeksi Virus PMK

Akhir-akhir ini, tengah maraknya penyakit yang disebabkan oleh virus yang terjadi pada hewan ternak yaitu Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Penyakit ini banyak menyerang hewan ternak seperti domba, kambing, kerbau maupun sapi. Namun di kalangan para peternak penyakit ini lebih dominan terjadi pada ternak sapi. Berikut ini adalah tips dan cara merawat ternak sapi yang telah terinfeksi virus PMK.

1. Mengkarantina atau Memisahkan Ternak Sapi Yang Telah Terinfeksi

Cara merawat ternak sapi yang telah terinfeksi virus PMK yang pertama yaitu dengan mengkarantina atau memisahkan sapi yang telah terinfeksi dengan sapi yang tidak terinfeksi amatlah penting dilakukan, hal ini mesti segera dilakukan agar sapi yang tidak terinfeksi tetap aman dari virus.

2. Desinfeksi dan Menjaga Kebersihan Kandang

Selain mengkarantina atau memisahkan, cara merawat ternak sapi yang telah terinfeksi virus PMK selanjutnya adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan selalu menjaga kebersihan alat ternak, pakan, serta kandang adalah salah satu hal yang penting dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus agar tidak makin meluas bahkan mati.

3. Memberikan Obat Antibiotik, Antipiretik, Hingga Analgesik

Pemberian antibiotik sendiri untuk mencegah dan mengobati penyakit sekunder pada sapi yang telah terinfeksi. Obat antipiretik berguna untuk menurunkan suhu tinggi pada ternak yang telah terinfeksi dan jika dibutuhkan dapat memberikan obat analgesik sebagai pereda nyeri dan menghilangkan rasa sakit pada sapi agar ternak lebih nyaman saat makan.

4. Menyemprotkan Obat Luka Luar

Penyemprotan obat luka luar pada sapi mesti dilakukan secara rutin terutama pada bagian kuku sapi. Namun sebelum dilakukannya penyemprotan, kita wajib untuk membersihkan luka terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih maupun alkohol. Untuk mengobati luka pada bagian mulut, kita dapat menyemprotkan obat luka luar yang dapat disemprotkan ke dalam mulut contohnya seperti Biodin Spray.

5. Memberikan Multivitamin Tambahan

Cara merawat ternak sapi yang telah terinfeksi virus PMK yang terakhir adalah dengan memberikan multivitamin tambahan secara berkala, maka proses penyembuhan pada sapi akan berlangsung dengan baik. Selain itu, multivitamin yang diberikan akan berperan dalam mempertahankan dan meningkatkan kekuatan serta daya tahan tubuh pada sapi.

Leave a Reply

0
Scroll to Top