7 Cara Menanam Wortel, Rahasia Hasil Panen Maksimal

Ini dia cara menanam wortel supaya hasil panen melimpah. Yuk simak!

Jika berbicara tentang vitamin A, apa sih yang terlintas di pikiran anda? Tebakannya pasti wortel. Tanaman ini termasuk jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin, zat gula, dan garam mineralnya. Dengan berbagai macam kandungan tersebut, wajar kan kalau sayuran ini banyak dibuat jus karena memiliki rasa manis.

Tumbuhan biennial ini banyak diolah menjadi tambahan atau bahan pelengkap makanan. Pastinya banyak menjumpai umbi-umbi orange ini berada di sup.

Selain penambah rasa pada dish itu, juga sebagai tambahan kecantikan warna pada sebuah hidangan. Bahkan spesies Daucuss Carota ini dibikin pewarna alami pada adonan kue atau makanan lainnya.

Saking banyaknya kegunaannya pada makanan atau minuman, mau tahu tidak cara menanam wortel?

Cara Mudah Menanam Wortel

Membudidayakan wortel itu mudah, namun harus memperhatikan proses penanamannya. Selain itu perlu mengetahui bagaimana cara menanam wortel itu bisa tumbuh dengan baik.

Menanam sayuran ini tidak sembarang dataran. Suhu yang baik sekitar 15.6-21.1 derajat celcius. Berarti harus di daerah pegunungan. Keasaman tanah berupa 5.5-6.5 pH. Berikut langkah-langkah budidaya wortel:

1. Pemilihan bibit

Dalam dunia pertanian, bibit yang baik akan menghasilkan panen yang baik pula. Sebelum melakukan cara menanam wortel, seleksi biji-biji yang memiliki kualitas layak tanam.

Ciri-cirinya hasil panen tinggi, pertumbuhannya subur, bebas dari hama, dan bentuk seragam. Anda dapat membeli di toko-toko pertanian. Bahkan bisa membuatnya sendiri.

2. Pembenihan wortel

Ada berbagai macam dalam membuat bibit wortel. Cara mudah ini sudah banyak dipraktekan oleh para petani. Mereka lebih baik membuat sendiri daripada membelinya. Harga bibit per kaleng di toko pertanian sekitar 200 ribu rupiah. Mahal kan?

Teknik pembuatan bibit ialah dengan memotong bunga pada wortel yang sudah berbunga. Selanjutnya, bunga-bunga itu dikeringkan di bawah sinar matahari.

Setelah kering warnanya berubah cokelat, barulah gosok-gosok si bunga itu. Ingat, harus memakai sarung tangan saat melakukannya.

Ketika sudah terkumpul semua, barulah menyaring benih-benih itu dengan tampah. Benih-benih yang berada di wadah itulah yang menjadi biji-biji yang akan ditanam. Sebelumnya jemur kembali biji-bijinya selama sehari. Barulah siap tanam.

3. Media tanam

Sembari menyiapkan benih-benihnya, kelola juga lahan yang akan ditanam. Membajak atau mencangkul itulah awal dari cara menanam wortel.

Jika ada tanaman gulma lebih baik dibersihkan dari tanah terlebih dahulu. Lahan menjadi kosong. Berikutnya berikan pupuk pada tanah yang sudah dibuat bedengan. Jarak bedengan jangan terlalu mepet ataupun terlalu jauh. Kira-kira jarak yang bagus adalah 50 sampai 60 cm.

4. Penanaman

Proses penanaman wortel cukup mudah. Masukan biji-biji wortel di dalam botol yang tutupnya sudah sedikit dilubangi. Sebarkanlah di atas tanah larikan, lalu diratakan dengan alat perata. Jika sudah selesai, tutupilah dengan tanah. Biji-biji itu akan tumbuh sekitar 7-10 hari.

5. Pemeliharaan

Satu bulan telah tiba, tanaman wortel sudah mulai kelihatan dengan baik. Dengan begitu lakukan perenggangan pada tanaman wortel sehingga terjadi pemerataan dalam memperoleh cahaya matahari dan air.

Jika ada gulma tumbuh di sekitarnya, segerakan untuk menyingkirkannya. Jadi tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa pengganggu.

Berikan penyubur tanaman untuk menyeimbangkan unsur hara tanah di saat usia tanaman ini 1 bulan. Kemudian, ketika musim kemarau usahakan untuk lebih sering menyiramnya. Sebab, jika tidak tumbuhan akan layu. Lakukanlah penyiraman pagi dan sore hari. Akan tetapi jika musim hujan cukup sekali saja, atau bahkan tidak perlu melakukan penyiraman.

6. Pemberian obat

Penyemprotan obat-obat tanaman jika ada serangan hama dan gulma. Berikan insektisida, pestisida (furadan), dan nematisida. Jenis penyakitnya berupa bercak daun, bintil akar, kutu daun, dan ulat tanah.

7. Panen

Masa panen tiba ketika sudah berusia tiga bulan. Usahakan untuk tidak mengulur-ulur masa panennya. Wortel yang terlalu tua tidak akan laku di pasaran, sebab dagingnya menjadi keras.

Cara panennya cukup dengan mencabut tumbuhan itu sampai ke umbi-umbinya. Pisahkan umbi wortel dari daun-daunnya. Kemudian cuci dengan air hingga bersih tidak ada sisa tanah.

Cukup gampang kan cara menanam wortel? Yuk manfaatkan lahan kosong menjadi sumber duit.

Leave a Reply

0
Scroll to Top