Cara Menanam Kacang Panjang yang Benar Supaya Berbuah Lebat

Budidaya tanaman kacang panjang adalah salah satu lahan usaha yang awet dan menguntungkan. Sangat penting mengetahui cara menanam kacang panjang yang benar supaya tanaman yang dihasilkan bagus, lebat dan berkualitas. Mengingat kacang panjang adalah salah satu bahan makanan yang tinggi peminatnya, mengetahui cara menanam yang tepat akan sangat menguntungkan para petani. Bagi Anda yang penasaran bagaimana caranya, yuk simak info berikut ini.

Cara Menanam Kacang Panjang yang Benar dan Tepat

Kacang panjang cukup diminati oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan kandungan gizinya yang melimpah. Tingginya permintaan kacang panjang di pasaran membuat potensi budidaya kacang panjang menjadi sangat cerah dan menjanjikan.

Dengan mengetahui cara menanam kacang panjang yang benar, petani akan menghasilkan sayuran yang bagus dan berkualitas. Hal ini pasti akan berpengaruh pada keuntungan petani dan keberlangsungan budidaya kacang panjang.

Berikut ini adalah cara yang benar untuk menanam kacang panjang. Diantaranya adalah :

1. Mempersiapkan Lahan

Lahan yang baik untuk tanaman kacang tanah adalah lahan yang gembur dan subur. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya lahan penanaman dicangkul terlebih dahulu. Selanjutnya, buatlah bedengan atau gundukan tanah memanjang.

2. Pemberian Pupuk

Untuk meningkatkan nutrisi yang ada di dalam tanah, berikan pupuk sebelum dilakukan penanaman. Anda bisa menggunakan pupuk kompos yang dicampur dengan pupuk kimia Phonska, bubuk kalsium dan juga insektisida.

Setelah pemberian pupuk dilakukan secara menyeluruh, tutup bedengan dengan plastik mulsa. Hal ini bertujuan untuk mencegah tumbuhnya tanaman pengganggu seperti gulma yang mengakibatkan tanaman kekurangan nutrisi.

3. Persiapan Benih Tanaman

Dapatkan benih kacang panjang terbaik di toko pertanian. Pastikan Anda memilih bibit yang paling berkualitas. Sebelum ditanam, rendam bibit dalam 1 liter air yang dicampur ZPT auxin 10 tetes. Ini akan mengoptimalkan pertumbuhan bibitnya.

4. Pemasangan Ajir

Ajir adalah bambu yang ditancapkan di atas tanaman kacang panjang. Bambu ini berfungsi sebagai area rambatan tanaman itu sendiri. Pemasangan ajir sebaiknya dilakukan saat tanaman masih kecil supaya tidak melukai akarnya.

5. Pemberian Pupuk Sesi Kedua

Pemupukan sangat penting untuk tanaman kacang panjang. Jika Anda menanam di musim kemarau, gunakan pupuk NPK, urea dan ZA. Namun, jika ditanam di musim hujan, pupuk ura dan ZA tidak diperlukan.

Pupuk urea dan ZA memiliki kandungan nitrogen tinggi yang sudah didapatkan dari tanah dan udara saat hujan. Anda bisa memberikan pupuk daun saja sesuai dengan kebutuhan atau jika diperlukan. Ini adalah tata cara menanam kacang panjang yang benar.

6. Penyiangan

Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput yang tumbuh di sekitar kacang panjang. Terlebih lagi di musim penghujan, rumput akan tumbuh dengan lebat dan sangat mengganggu penyerapan nutrisi tanaman kacang panjang.

7. Pemberantasan Hama dan Penyakit

Kacang panjang sangat mudah sekali diserang ulat. Hewan ini memakan daun dan menghambat proses fotosintesis. Oleh sebab itu, jika nampak daun-daun berlubang, segera semprot dengan metomil atau deltametrin.

8. Proses Pemanenan

Tanaman kacang panjang bisa mulai dipanen saat berusia 2 bulan. Tanaman ini akan terus menghasilkan kacang panjang yang bisa Anda panen setiap hari. Hal yang terpenting dari menanam kacang panjang adalah ajir yang kuat supaya tanaman ini tidak mudah roboh terkena hujan dan angin yang kencang.

Itulah 8 cara menanam kacang panjang yang benar yang bisa Anda pelajari. Jika semua langkah tersebut dilakukan dengan tepat, pasti panennya akan bagus dan menguntungkan. Budidaya kacang panjang bisa Anda jadikan usaha jangka panjang. Selamat berkarya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top