Untuk Pemula! Cara Menanam Cabe Hidroponik dengan Botol Bekas

Alangkah senangnya jika kita memiliki kebun cabe sendiri di rumah. Sering kali, harga cabe menjadi demikian mahal karena belum memasuki masa panen petani cabe. Oleh sebab itu, sangat menguntungkan untuk menumbuhkan tanaman cabe di sekitar rumah.

menanam-cabe-hidroponik-Star-Farm

Jika halaman Anda terlalu sempit untuk ditanami berbagai tanaman, cobalah untuk memanfaatkan barang bekas seperti botol minuman kemasan. Sekarang ini, cara menanam cabe hidroponik dengan botol bekas sudah semakin populer.

Langkah Menanam Cabe Hidroponik dalam Botol Untuk Pemula

Cabe merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk ditumbuhkan. Tidak harus tumbuh di tanah, cabe juga bisa dibudidayakan menggunakan cara hidroponik. Hidroponik adalah cara menanam tanaman dengan media air sebagai media tanamnya.

Sebagai pengganti tanah, Anda bisa menggantinya dengan media lain seperti cocopeat, sekam, arang dan lain sebagainya. Air menjadi bahan utama yang akan menyimpan dan menyalurkan nutrisi bagi tanaman tersebut.

Berikut ini adalah cara menanam cabe hidroponik dengan memanfaatkan botol bekas di rumah. Diantaranya adalah :

1. Mempersiapkan Media Botol

Sangat tepat jika Anda memilih menggunakan botol sebagai tempat menanam. Hal ini dikarenakan botol kemasan air dapat dimodifikasi sedemikian rupa. Dengan begitu, botol dapat menampung air yang digunakan untuk menyimpan nutrisi bagi tanaman. Dengan demikian Anda tidak perlu menyiram tanaman setiap hari. Selain menggunakan botol, Anda bisa memilih media lain sesuai keinginan.

2. Mempersiapkan Bibit

Sebelum melakukan penanaman, Anda harus menyemaikan bibit terlebih dahulu. Caranya adalah gunakan media lain untuk menyemaikan benih menjadi tunas. Tempatkan benih dalam jarak yang tidak terlalu rapat supaya benih dapat bernafas lega.

3. Proses Penanaman

Jika benih sudah mulai keluar tunas, Anda baru bisa memindahkannya ke botol yang telah dimodifikasi. Setidaknya, biarkan cabe memiliki daun sekitar 2 atau 3 helai dan akan yang agak kuat. Kondisi ini sudah memungkinkan untuk cabe tumbuh membesar.

4. Proses Perawatan

Setelah cabe terlihat mampu untuk tumbuh dengan kuat, lakukan proses perawatan dengan benar. Berikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Semprotlah dengan obat untuk menghindari terserangnya hama. Perawatan yang benar akan membuat tanaman cabe Anda tumbuh sehat.

Cara menanam cabe hidroponik di botol sudah banyak digunakan masyarakat sekarang ini. Selain untuk dimanfaatkan buahnya, tanaman cabe juga dapat dijadikan tanaman hias untuk mempercantik dan membangun kesan asri di rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top