Mudah dan Murah, Yuk Ikuti 6 Cara Membuat Bibit Cabe!

Bagi orang Indonesia, cabe menjadi salah satu bumbu masakan atau pelengkap makanan yang harus Ada, baik untuk dijadikan sambal, dimakan dengan gorengan, hingga dimasukkan ke masakan.

Cara-membuat-bibit-cabe-Star-Farm

Dengan kebutuhan yang tinggi, tak heran jika harga cabe tak jarang melampaui harga yang cukup tinggi. Oleh karena itu, membuat bibit cabe bisa menjadi salah satu peluang usaha untuk Anda jika melihat kebutuhan cabe tidak ada matinya di masyarakat. Berikut adalah beberapa cara membuat bibit cabe yang perlu Anda lakukan!

Cara membuat Bibit Cabe Berkualitas

Jika Anda ingin membuat bibit cabe, maka Anda sudah harus memiliki tanaman cabai yang sudah berbuah. Selanjutnya, begini cara membuat bibit cabe sendiri, antara lain:

1. Pilih Cabe Matang

Untuk mendapatkan bibit siap pakai, maka Anda harus memetik beberapa buah cabe yang sudah tua dan matang. Pastikan cabe yang Anda petik sudah berwarna merah dengan keadaan buah yang sehat.

2. Penyayatan

Setelah memilih cabe, sayat cabe-cabe tersebut sampai terlihat bijinya, namun jangan sampai merusak bijinya.

3. Pembersihan

Setelah penyayatan, pisahkan biji-biji cabe dalam satu wadah kemudian bersihkan dengan teliti agar tidak ada daging buah yang tersisa.

4. Pemilihan Biji

Untuk memilih biji-biji berkualitas, Anda bisa rendam biji-biji cabe yang telah dibersihkan ke dalam air. Setelah itu pilih biji-biji yang tenggelam di air sebagai calon bibit. Biji yang tenggelam menandakan bahwa biji tersebut memiliki isi atau tidak kopong, sehingga baik dijadikan sebagai bibit.

5. Keringkan

Langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan biji-biji cabe yang telah terpilih dengan meniriskan atau dikeringkan dengan angin alami. Untuk menjaga kualitas biji, sebaiknya biji-bji tersebut tidak terpapar sinar matahari langsung.

6. Penyelesaian

Jika biji sudah benar-benar kering, maka biji cabe tersebut sudah bisa disemai atau ditanam. Jika Anda ingin menjual bibit-bibit yang Anda buat, maka Anda perlu melakukan pengemasan yang baik agar kualitas biji tetap terjaga.

Itulah 6 cara membuat bibit cabe yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Bibit-biti cabe buatan sendiri bisa langsung disemai kembali baik di tanah langsung maupun menggunakan polybag. Bagaimana, mudah bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top