Cara Memilih Indukan Domba yang Menghasilkan Bibit Unggul

Memilih indukan domba merupakan awal yang menentukan. Bagaimana kualitas indukan akan memengaruhi kualitas anak-anak domba di masa mendatang. Itulah mengapa peternak harus memahami semua tentang cara memilih indukan domba yang bagus dan berkualitas. Indukan domba yang baik dan berkualitas akan menghasilkan anak-anak domba yang bagus dan berkualitas pula. Mampu menghasilkan domba-domba dengan mutu daging yang tinggi dan empuk adalah tujuan akhir dari pemilihan seekor indukan domba.

Tips Memilih Indukan Domba yang Baik dan Berkualitas

Mengetahui tentang cara memilih indukan domba yang baik dan berkualitas adalah pengetahuan yang sangat menguntungkan. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat dengan mudah menentukan apakah seekor domba dapat dijadikan indukan yang baik atau tidak.

Domba merupakan salah satu hewan ternak yang sangat banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan menghasilkan anak-anak domba berkualitas dari induk yang baik, Anda bisa meraup banyak keuntungan.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih calon indukan domba yang bagus dan berkualitas, diantaranya adalah :

1. Perhatikan Bentuk Fisik Domba

Hal yang pertama harus dilakukan tentang cara memilih indukan domba yang baik adalah mengecek dengan seksama bagaimana bentuk fisiknya. Pastikan tidak ada cacat yang dimiliki oleh calon indukan tersebut. Berikut ini adalah beberapa ciri dari fisik indukan domba yang baik dan berkualitas, yaitu :

  • Indukan tidak memiliki tubuh yang terlalu gemuk. Tubuhnya proporsional yang bisa ditandai dengan ciri punggung dan pinggang lurus, bulu lunak dan mengkilat, serta tubuh yang besar namun tidak penuh daging.
  • Memiliki penampilan yang jinak dengan sorot mata ramah
  • Keempat kakinya mampu berdiri dengan baik, lurus, kuat dan tumit yang tinggi
  • Jumlah gigi lengkap baik pada rahang atas maupun rahang bawah
  • Dilahirkan dari indukan yang muda dan unggul.
  • Jumlah putingnya ada 2 dan tidak terdapat cacat.
  • Pastikan Anda mengecek keseluruhan bagian tubuh seperti mata, telinga, badan, ekor dan bagian lainnya secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada cacat.

2. Cek Usia Domba beserta Bobotnya

Calon indukan domba yang berkualitas berasal dari domba-domba yang masih berusia muda. Setidaknya, calon indukan ini berumur sekitar 1,5 – 2 tahun. Jangan memilih indukan yang masih terlalu muda ataupun yang sudah terlalu berumur. Hal ini akan beresiko ketika indukan akan mengandung dan melahirkan.

3. Perhatikan Kesehatan Domba

Calon indukan domba harus dalam kondisi sehat. Kesehatan indukan adalah hal yang paling utama. Cara terbaik melihat dan mengecek kesehatan domba adalah dengan mengamati nafsu makannya. Jika nafsu makannya baik, pernapasan normal, gerakan lincah dan aktif, bisa dikatakan domba dalam kondisi sehat. Dengan demikian, ia akan melahirkan anak-anak domba yang baik dan berkualitas. Pengecekan kesehatan termasuk hal mendasar tentang cara memilih indukan domba yang harus peternak ketahui.

4. Lakukan Pengecekan Alat dan Sistem Perkawinan

Selain memilih indukan domba yang baik, peternak juga harus memilih pejantan yang berkualitas. Keduanya harus sama-sama berkualitas supaya dihasilkan anak-anak yang baik pula.

Pejantan yang bagus memiliki 2 testis lengkap, memiliki birahi yang besar, aktif dan ramah. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan pejantan yang cirinya tidak jauh berbeda dengan indukan domba. Usia pejantan yang cocok untuk segera dikawinkan adalah sekitar 1 – 3 tahun.

Itulah empat tips yang bisa Anda pelajari tentang cara memilih indukan domba yang baik berkualitas. Semakin baik indukan domba, semakin besar pula mereka menghasilkan anak-anak domba berkualitas.

Leave a Reply

0
Scroll to Top