fbpx

Cara Memelihara Udang Hias Praktis Untuk Pecinta Aquascape

Udang hias merupakan salah satu biota populer bagi pecinta Aquascape. Udang ini memiliki bentuk yang kecil dan berwarna-warni. Mereka bisa dipelihara dan bahkan dibudidayakan dengan mudah di Aquarium. Cara memelihara udang hias pun terbilang praktis sehingga para pemula bisa mempelajarinya dengan mudah.

Udang hias memiliki warna yang beragam jika hidup di alam terbuka atau liar. Namun untuk dipelihara di aquarium, udang Red Cherry atau udang hias warna merah adalah yang paling populer. Anda yang memiliki hobi Aquascape bisa mempertimbangkan untuk menggunakan biota kecil ini sebagai penghias aquarium.

Cara Memelihara Udang Hias

Cara memelihara udang hias harus dipelajari dengan baik agar selalu sehat, cantik, dan terawat. Jika terawat dengan baik, Aquarium Anda akan menjadi lebih mempesona. Perhatikan tips dan cara mudah di bawah ini.

1. Jaga Kondisi Air

Udang hias berasal dari kawasan Asia. Udang ini bisa hidup dengan baik di air tawar dengan tingkat keasaman 6,8 hingga 8. Jika tingkat keasaman air yang digunakan di dalam aquarium lebih rendah, maka hewan ini akan merasa gelisah dan mudah stress.

2. Karakter dan ukuran

Untuk membuat aquascape Anda menjadi lebih ramai, maka Anda bisa menaruh beberapa ekor di dalamnya. Namun, Anda harus memperhatikan karakter dan ukuran udang yang akan dicampurkan dalam aquarium. Cara memelihara udang hias ini sangat penting dilakukan mengingat ketika kuota udang terlalu berlebihan, maka akan timbul masalah.

Di dalam sebuah aquarium, Anda bisa menaruh 10 hingga 20 ekor dengan ukuran 2,5 galon. Perhatikan karakter udang secara bijaksana jika ingin menggabungkan beberapa jenis udang. Jangan memelihara udang yang terbilang galak seperti udang berlengan panjang dengan udang kecil.

3. Alas aquarium

Alas aquairum adalah tempat bermain si udang. Anda bisa menggunakan batu karang agar binatang ini merasa naman. Kombinasikan dengan kerikil besar untuk membuat alas menjadi lebih cantik. Berikan pakan kesukaannya berupa pakan hijau agar membuat udang selalu sehat.

4. Pergantian air

Mengganti air secara berkala merupakan tugas rutin yang harus dilakukan oleh setiap pemilik Aquascape. Air di dalam aquarium bisa diganti 30% seminggunya. Ini dilakukan karena udang merupakan jenis biota yang cukup sensitif dengan klorin. Persiapkan air yang tidak mengandung klorin serta logam berat agar hewan ini merasa nyaman.

5. Pengisi lain aquarium

Cara memelihara udang hias kelima adalah dengan memperhatikan pengisi lainnya. Biasanya, seseorang akan tertarik untuk memasukkan biota ikan juga. Namun, ikan justru bisa memakan udang. Jika ingin menambahkan ikan, perhatikan jenis ikan yang memiliki ukuran sama dengan udang dan bukan termasuk ikan pemangsa.

6. Pengembangbiakan

Bagi Anda yang tertarik untuk memperbanyak udang, Anda bisa memilih jenis yang tepat. Jenis Neocaridina merupakan pilihan yang tepat untuk dibiakkan dalam waktu cepat. Agar udang bisa berkembang biak dengan cepat, Anda bisa memberikan makanan yang tepat.

Untuk jenis udang Neo Caridina, ia membutuhkan asupan nutrisi dari sayur-sayuran. Maka, Anda bisa menambahkan bayam yang telah direbus setengah matang sebagai makanan terbaiknya. Jika ingin memberikan pelet, pecahlah terlebih dahulu agar pelet bisa tenggelam.

Tidak sulit bukan untuk memelihara udang hias? Kini, Anda bisa memelihara udang hias sambil mengembangbiakannya. Lakukan tips praktis dalam memelihara udang hias di atas agar Aquascape Anda menjadi lebih cantik dan menarik. Cara memelihara udang hias di atas bisa dilakukan bagi Anda pemilik aquascape pemula maupun yang sudah ahli.

Leave a Reply

0
Scroll to Top